Gangguan Pada Sistem Ekskresi Manusia

Setelah kamu pelajari tentang sistem ekskresi manusia ginjal, paru paru,  hati dan kulit, maka pembahasan kali ini akan membahas tentang   gangguan pada sistem ekskresi, penyakit pada sistem ekskresi ginjal, gangguan pada sistem paru paru, gangguan pada sistem ekskresi kulit dan kelainan pada  sistem ginjal.

Gangguan pada Sistem Ekskresi


1. Gangguan pada ginjal

Fungsi ginjal dapat terganggu karena infeksi bakteri, radang, batu ginjal, dan sebagainya. Jika salah satu ginjal tidak berfungsi atau mengalami gangguan, maka ginjal yang satunya lagi akan mengambil alih tugas ginjal yang pertama.

Namun ginjal bisa rusak kedua-duanya dan ini akan berakibat sangat fatal karena urea akan tertimbun dalam tubuh dan menyebabkan kematian.

Berikut ini adalah kelainan dan penyakit pada ginjal.

a. Batu ginjal

b. Radang ginjal (nefritis)

c. Gagal ginjal
Gangguan Pada Sistem Ekskresi Manusia
Gangguan Pada Kulit

2. Gangguan pada kulit


Kelainan dan penyakit yang berhubungan dengan kulit sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Ada penyakit yang tidak berbahaya dan berbahaya.

Gangguan kulit yang biasa terjadi adalah sebagai berikut.

a. Biduran

b. Ringworm

c. Psoriasis

d. Kanker kulit

3. Gangguan pada hati

Penyakit hati bisa disebabkan oleh infeksi virus, tidak bekerjanya hati dan empedu. Tahukah kamu macam-macam kelainan dan penyakit yang berhubungan dengan hati?

Kelainan dan penyakit yang berhubungan dengan hati misalnya penyakit hepatitis dan kuning.

a. Hepatitis

b. Penyakit kuning

4. Gangguan pada paru-paru

Pernahkah kamu melihat orang sakit paru-paru? Bagaimana kondisi orang tersebut? Apa yang menyebabkan orang terkena sakit paru-paru?

Penyebab utama yang membuat paru-paru tidak berfungsi secara optimal adalah infeksi virus dan bakteri serta polusi udara. Polusi udara disebabkan oleh asap pabrik, kendaraan, pembakaran, dan asap rokok.

Penyakit pada paru-paru misalnya asma, TBC, pneumonia, dan kanker paru-paru.

a. Asma

b. Tuberculosis (TBC)

c. Pneumonia

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri, virus atau jamur yang menginfeksi paru-paru khususnya di alveolus. Penyakit ini menyebabkan oksigen susah masuk karena alveolus dipenuhi oleh cairan.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Gangguan Pada Sistem Ekskresi Manusia"

Post a Comment