Pengertian dan Cara Perkembangbiakan Mahluk Hidup

Apakah kamu mengetahui pengertian berkembangbiak?, maka pembahasan kali ini akan membahas tentang pengertian perkembangbik, cara perkembangbiakan mahluk hidup, perkembangbiakan vegetatif dan perkembangbiakan generatif.

Perkembangbiakan

Apa yang kamu ketahui pengertian dari perkembangbiakan mahluk hidup?

Pengertian Berkembangbiak

Berkembangbiak adalah proses reproduksi atau  proses memperbaharui keturunan pada mahluk hidup untuk mempertahankan jenisnya.

Perkembangbiakan makhluk hidup dapat dipergunakan untuk melangsungkan kehidupan. Karena bila tanpa perkembangbiakan, maka makhluk hidup akan punah.

Misalkan pada suatu perkebunan terdapat populasi belalang yang terkena radiasi, sehingga belalang jantan menjadi mandul dan tidak dapat melakukan perkawinan dengan belalang betina.

Ketidakmampuan belalang untuk berkembang biak akan menyebabkan belalang di perkebunan tersebut punah. Jadi, belalang tersebut tidak dapat menjaga kelestarian jenisnya karena tidak mampu berkembang biak.
Gambar: Perkembangbiakan Mahluk Hidup

Makhluk hidup ada yang mempunyai daya berkembang biak tinggi dan rendah. Makhluk hidup yang mempunyai daya berkembang biak tinggi akan mudah menjaga kelestarian hidupnya.

Misalnya tikus, kucing, ilalang, dan enceng gondok. Mungkin kamu menemukan contoh lain yang ada di sekitarmu, coba sebutkan.

Makhluk hidup yang mempunyai daya berkembang biak rendah sangat sulit menjaga kelangsungan dan kelestarian jenisnya. Misalnya gajah, hanya beranak sekali dalam dua tahun dan setiap kali beranak hanya seekor.

Demikian pula badak, komodo, kancil, burung merak, jerapah, harimau, dan ikan paus biru yang hanya menghasilkan dua anak dalam waktu 10 tahun.

Hewan yang memiliki daya berkembang biak rendah merupakan hewan-hewan yang terancam kelestariannya. Selain hewan, tumbuhan juga dilindungi oleh negara karena kelangkaan dan daya berkembang biaknya rendah.

Tahukah kamu tumbuhan yang dilindungi oleh negara? Bunga bangkai (Refflesia Arnoldi), anggrek bulan Ambon, kemang, kepuh, kayu ulin Kalimantan, kemenyan, dan gaharu dilindungi oleh negara.

Cara Perkembangbiakan Makhluk Hidup Kamu telah tahu bahwa ada makhluk hidup yang daya berkembang biaknya tinggi dan rendah.

Ada berapa cara makhluk hidup dapat berkembang biak? Makhluk hidup dapat berkembang biak dengan dua cara, yaitu vegetatif dan generatif.

1. Perkembangbiakan vegetatif

Perkembangbiakan secara vegetatif adalah perkembangbiakan yang tidak melibatkan sel kelamin atau tidak terjadi perkawinan. Ada dua macam perkembangbiakan vegetatif, yaitu vegetatif alami dan vegetatif buatan.

a. Vegetatif alami

b. Vegetatif buatan

2. Perkembangbiakan secara generatif

Perkembangbiakan generatif disebut juga dengan perkembangbiakan seksual, karena melibatkan sel-sel kelamin.

Perkembangbiakan tersebut dimulai dengan peleburan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina yang kemudian menghasilkan zigot.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Pengertian dan Cara Perkembangbiakan Mahluk Hidup"

Post a Comment