Pengertian dan Contoh Adaptasi Morfologi pada Hewan dan Tumbuhan

Setelah kamu mempelajari adaptasi fisiologi, maka penbahasan kali ini akan membahas tentang pengertian adaptasi morfologi dan contoh adaptasi morfologi.

Pengertian Adaptasi morfologi

Apa yang dimaksud dengan adaptasi morfologi?
Adaptasi morfologi adalah penyesuaian makhluk hidup melalui perubahan bentuk organ tubuh yang berlangsung sangat lama untuk kelangsungan hidupnya. Adaptasi ini sangat mudah dikenali dan mudah diamati karena tampak dari luar.
Pengertian dan Contoh Adaptasi Morfologi pada Hewan dan Tumbuhan
Contoh bentuk Adaptasi Morfologi pada Hewan

Coba kamu perhatikan diatas. Kaki itik memiliki selaput di antara jari-jarinya. Selaput ini berfungsi untuk berenang di kolam. Ini merupakan contoh dari adaptasi morfologi.

Dapatkah kamu menyebutkan contoh adaptasi morfologi lainnya? Burung kolibri memiliki paruh panjang dan runcing.

Paruh ini digunakan untuk menghisap madu. Serangga juga beradaptasi dengan lingkungan melalui bentuk organ tubuhnya.

Coba kamu perhatikan jangkrik dan belalang yang ada di sekitar rumahmu. Apakah jangkrik dan belalang juga beradaptasi dengan lingkungannya? Organ tubuh jangkrik dan belalang yang digunakan untuk beradaptasi adalah mulut.

Mulut kedua hewan tersebut mempunyai rahang bawah dan atas yang kuat. Selain hewan, tumbuhan juga beradaptasi dengan lingkungannya melalui bentuk tubuhnya.

Pernahkah kamu memperhatikan teratai? Tumbuhan ini memiliki daun yang lebar dan tipis, sehingga mempercepat penguapan. Batangnya memiliki rongga berisi udara, sehingga dapat terapung di atas air dan akarnya relatif panjang.

Teratai beradaptasi dengan lingkungan air. Tumbuhan yang hidup di air disebut hidrofit. Coba kamu sebutkan tumbuhan lainnya yang hidup di air. Apakah ciri-ciri tumbuhan tersebut hampir sama dengan teratai?

Ada hidrofit, berarti ada xerofit dan higrofit. Apa yang kamu ketahui tentang xerofit dan higrofit?

Xerofit adalah tumbuhan yang hidup di lingkungan kering. Tumbuhan ini memiliki batang yang tebal untuk menyimpan air, daun tereduksi menjadi duri dan memiliki kultikula, akar panjang dan menyebar luas sehingga dapat menyerap air dari daerah yang luas. Contohnya kaktus dan kurma.

Sedangkan, higrofit adalah tumbuhan yang hidup di lingkungan lembab. Contohnya lumut dan paku-pakuan. 

Bagaimana cara tumbuhan tersebut beradaptasi dengan lingkungannya? Tumbuhan ini beradaptasi melalui bentuk daun yaitu daun lebar dan relatif tipis.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Pengertian dan Contoh Adaptasi Morfologi pada Hewan dan Tumbuhan"

Post a Comment