Pengertian dan Fungsi Sistem Saraf Pada Manusia

Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui mengenai sistem  saraf pada manusia, macam-macam sistem saraf pada manusia,  fungsi sistem saraf pada manusia, fungsi reseptor, penghantar impuls dan efektor.

Sistem Saraf pada Manusia

Apa yang dimaksud dengn sistem saraf? Sistem saraf merupakan salah satu sistem koordinasi yang bertugas menyampaikan rangsangan dari reseptor untuk dideteksi dan direspon oleh tubuh.

Sistem saraf memungkinkan makhluk hidup tanggap dengan cepat terhadap perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungan luar maupun dalam.

Pengertian dan Fungsi Sistem Saraf Pada Manusia
Sistem Saraf Pada Manusia

Untuk menanggapi rangsangan, ada tiga komponen yang harus dimiliki oleh sistem saraf, yaitu:

a. Reseptor 

Adalah alat penerima rangsangan atau impuls. Pada tubuh kita yang bertindak sebagai reseptor adalah organ indera.

b. Penghantar impuls 

Dilakukan oleh saraf itu sendiri. Saraf tersusun dari berkas serabut penghubung (akson). Pada serabut penghubung terdapat sel-sel khusus yang memanjang dan meluas. Sel saraf disebut neuron.


c. Efektor

Adalah bagian yang menanggapi rangsangan yang telah diantarkan oleh penghantar impuls. Efektor yang

Fungsi Sistem Saraf Tubuh Manusia. 

Sistem saraf merupakan salah satu sistem tubuh yang paling kompleks dan yang mengontrol kerja hampir semua bagian tubuh. Fungsi sistem saraf dijelaskan di bawah ini.

Peran sistem saraf dalam tubuh kita sering dibandingkan dengan dari komputer yang terpusat yang mengontrol fungsi seluruh sistem.

Analogi ini mungkin menjelaskan salah satu cara terbaik kerja sistem saraf. Sistem saraf memainkan peran penting dalam kelancaran fungsi berbagai bagian tubuh kita.

Sistem saraf pada dasarnya adalah jaringan yang kompleks dari sel-sel dengan fungsi khusus. Sel-sel berkomunikasi satu sama lain melalui gelombang elektrokimia.

Neuron dan sel glial  merupakan komponen penting dari sistem saraf. Mengingat struktur yang rumit dari sistem saraf, semua fungsi belum dipahami dalam totalitas mereka.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Pengertian dan Fungsi Sistem Saraf Pada Manusia"

Post a Comment