Pengertian, fungsi dan Susunan Sistem Saraf Pusat

Untuk mengetahui lebih jauh lagi mengenai sisitem saraf pada manusia maka pembahasan kali ini akan membahas tentang  pengertian sistem saraf pusat, susunan sistem saraf pusat, fungsi sistem saraf pusat dan sistem saraf otak.

Susunan Sistem Saraf

Kamu telah mengenal sel saraf pada pelajaran sebelumnya. Di dalam tubuh kita terdapat miliaran sel saraf yang membentuk sistem saraf.

Tahukah kamu susunan sistem saraf pada manusia? Sistem saraf manusia tersusun dari sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi.

Sistem saraf pusat terdiri atas otak dan sumsum tulang belakang. Sedangkan sistem saraf tepi terdiri atas sistem saraf somatis dan sistem saraf otonom.

Pengertian sistem saraf

Sistem saraf pusat (SSP) adalah salah satu dari dua bagian dari sistem saraf. Yang lainnya adalah sistem saraf perifer yang meliputi saraf pada organ, otot, lengan, dan kaki. SSP terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang. (Sumber: Wikipedia)

Ini adalah “pusat kendali” untuk seluruh tubuh dan mengatur bagaimana tubuh akan berfungsi.

a. Sistem saraf pusat

1) Otak

Otak merupakan alat tubuh yang sangat penting dan sebagai pusat pengatur dari segala kegiatan manusia.

Otak terletak di dalam rongga tengkorak, beratnya lebih kurang 1/50 dari berat badan. Bagian utama otak adalah otak besar (Cerebrum), otak kecil (Cerebellum), dan batang otak

Pengertian, fungsi dan Susunan Sistem Saraf Pusat
Gambar: Otak
Otak besar merupakan pusat pengendali kegiatan tubuh yang disadari. Tahukah kamu kegiatan tubuh yang disadari? Berpikir, berbicara, melihat, bergerak, mengingat, dan mendengar termasuk kegitan tubuh yang disadari.

Otak besar dibagi menjadi dua belahan, yaitu belahan kanan dan belahan kiri. Masing-masing belahan pada otak tersebut disebut hemister.

Otak besar belahan kanan mengatur dan mengendalikan kegiatan tubuh sebelah kiri, sedangkan otak belahan kiri mengatur dan mengendalikan bagian tubuh sebelah kanan.

Otak kecil terletak di bagian belakang otak besar, tepatnya di bawah otak besar. Otak kecil terdiri atas dua lapisan, yaitu lapisan luar berwarna kelabu dan lapisan dalam berwarna putih.

Otak kecil dibagi menjadi dua bagian, yaitu belahan kiri dan belahan kanan yang dihubungkan oleh jembatan varol.

Apa fungsi dari otak kecil? Otak kecil berfungsi sebagai pengatur keseimbangan tubuh dan mengkoordinasikan kerja otot ketika seseorang akan melakukan kegiatan.

Batang otak tersusun dari medula oblangata, pons, dan otak tengah. Batang otak terletak di depan otak kecil, di bawah otak besar, dan menjadi penghubung antara otak besar dan otak kecil. Batang otak disebut dengan sumsum lanjutan atau sumsum penghubung.

Batang otak terbagi menjadi dua lapis, yaitu lapisan dalam dan luar berwarna kelabu karena banyak mengandung neuron.

Lapisan luar berwarna putih, berisi neurit dan dendrit. Fungsi dari batang otak adalah mengatur refleks fisiologis, seperti kecepatan napas, denyut jantung, suhu tubuh, tekanan, darah, dan kegiatan lain yang tidak disadari.

2) Sumsum tulang belakang

Sumsum tulang belakang terletak memanjang di dalam rongga tulang belakang, mulai dari ruas-ruas tulang leher sampai ruas-ruas tulang pinggang yang kedua.

Sumsum tulang belakang terbagi menjadi dua lapis, yaitu lapisan luar berwana putih dan lapisan dalam berwarna kelabu. Lapisan luar mengandung serabut saraf dan lapisan dalam mengandung badan saraf.

Di dalam sumsum tulang belakang terdapat saraf sensorik, saraf motorik, dan saraf penghubung. Fungsinya adalah sebagai penghantar impuls dari otak dan ke otak serta sebagai pusat pengatur gerak refleks.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Pengertian, fungsi dan Susunan Sistem Saraf Pusat"

Post a Comment