Pengertian, Gambar Alat dan Sistem Reproduksi Manusia

Untuk mengkaji lebih banyak lagi tentang  Sistem reproduksi pada manusi maka pembahasan  kali ini akan membahas tentang gambar alat reproduksi manusia, gambar sistem reproduksi manusia, Pengertian sistem reproduksi manusia, alat reproduksi pria, alat reproduksi wanita dan bagian bagiannya.

Reproduksi Manusia

Pernahkah kamu mendengar tentang reproduksi? Reproduksi adalah cara makhluk hidup untuk menghasilkan individu baru yang memiliki sifat yang sama dengan induknya. Reproduksi mempunyai alat reproduksi.

Pernahkah kamu mendengar tentang alat reproduksi? Apakah alat reproduksi laki-laki dan wanita berbeda? Kamu akan dapat menjawabnya setelah memahami penjelasan berikut.

Pertama kamu akan belajar tentang alat reproduksi pada laki-laki, sedangkan alat reproduksi wanita akan kamu pelajari pada subbab selanjutnya.

Alat reproduksi laki-laki

Alat reproduksi laki-laki terdiri atas testis, skrotum, vas deferens, kantong sperma, epididimis, kelenjar prostat, uretra, dan penis.

a. Testis

Apakah yang dimaksud dengan testis? Dimanakah letak testis pada alat reproduksi laki-laki? Testis disebut juga dengan buah zakar. Testis merupakan organ kecil dengan diameter sekitar 5 cm pada orang dewasa.
Pengertian, Gambar Alat dan Sistem Reproduksi Manusia
Alat Reproduksi Laki-Laki

b. Skrotum

Tahukah kamu fungsi dari skrotum? Skrotum adalah kantong kulit yang melindungi testis dan berfungsi sebagai tempat bergantungnya testis.

c. Vas deferens

Vas deferens adalah sebuah tabung yang dibentuk dari otot. Vas deferens membentang dari epididimis ke uretra.

d. Epididimis

Apakah yang dimaksud dengan epididimis? Apa yang kamu ketahui tentang epididimis? Epididimis adalah saluran-saluran yang lebih kecil dari vas deferens.

e. Vesikula seminalis

Alat ini berfungsi sebagai penampung spermatozoa dari testis.

f. Kelenjar prostat

Kelenjar prostat sebagai penghasil cairan basa untuk melindungi sperma dari gangguan luar.

g. Uretra

Uretra merupakan saluran sperma dan urine. Uretra berfungsi membawa sperma dan urine ke luar tubuh.

h. Penis

Penis dibagi menjadi dua bagian, yaitu batang dan kepala penis. Pada bagian kepala terdapat kulit yang menutupinya, disebut preputium.

Alat reproduksi wanita

Saat dilahirkan seorang anak wanita telah mempunyai alat reproduksi yang lengkap, tetapi belum berfungsi sepenuhnya.
Pengertian, Gambar Alat dan Sistem Reproduksi Manusia
Alat reproduksi wanita

Alat reproduksi ini akan berfungsi sepenuhnya saat seorang wanita telah memasuki masa pubertas. Alat reproduksi wanita terdiri atas vulva, vagina, serviks, rahim, tuba fallopi, dan ovarium.

a. Vulva

Pernahkah kamu mendengar tentang vulva? Vulva merupakan daerah yang menyelubungi vagina. Vulva terdiri atas mons pubis, labia, klitoris, daerah ujung luar vagina, dan saluran kemih.

b. Vagina

Vagina adalah saluran yang elastis, panjangnya sekitar 8-10 cm, dan berakhir pada rahim.

c. Serviks

Serviks disebut juga dengan mulut rahim. Serviks ada pada bagian terdepan dari rahim dan menonjol ke dalam vagina, sehingga berhubungan dengan bagian vagina.

d. Rahim

Rahim disebut juga uterus. Alat ini memiliki peranan yang besar dalam reproduksi wanita.

e. Ovarium

Kamu pasti pernah mendengar tentang ovarium. Apa yang kamu ketahui tentang ovarium? Ovarium menghasilkan ovum. Ovarium disebut juga dengan indung telur.

f. Tuba fallopi

Tuba fallopi disebut juga dengan saluran telur. Saluran telur adalah sepasang saluran yang berada pada kanan dan kiri rahim sepanjang +10 cm.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Pengertian, Gambar Alat dan Sistem Reproduksi Manusia"

Post a Comment