Pengertian Impuls, Gerak Sadar dan Gerak Refleks Beserta Contohnya

Setelah kamu mengetahui neuron dan fungsinya maka ada hal yang harus kamu ketahui yaitu pengertian impuls, pengertian gerak sadar, contoh gerak sadar, pengertian gerak reflek, contoh gerak reflek dan sum-sum tulang belakang.

Impuls

Impuls adalah rangsangan atau pesan yang diterima oleh reseptor dari lingkungan luar, kemudian dibawa oleh neuron.

Impuls dapat juga dikatakan sebagai serangkaian pulsa elektrik yang menjalari serabut saraf. Tahukah kamu contoh dari rangsangan?

Contoh rangsangan adalah sebagai berikut.

a. Perubahan dari dingin menjadi panas.

b. Perubahan dari tidak ada tekanan pada kulit menjadi ada tekanan.

c. Berbagai macam aroma yang tercium oleh hidung.

d. Suatu benda yang menarik perhatian.

e. Suara bising.

f. Rasa asam, manis, asin dan pahit pada makanan.

Impuls yang diterima oleh reseptor dan disampaikan ke efektor akan menyebabkan terjadinya gerakan atau perubahan pada efektor. Gerakan tersebut adalah sebagai berikut.

a. Gerak sadar

Gerak sadar atau gerak biasa adalah gerak yang terjadi karena disengaja atau disadari. Impuls yang menyebabkan gerakan ini disampaikan melalui jalan yang panjang. Bagannya adalah sebagai berikut.
Impuls => Reseptor/indra => Saraf Sensorik => Otak => Saraf Motorik => Efektor/Otot
Contohnya dapat kamu pahami pada uraian berikut. Ani melihat sekuntum bunga yang sangat indah. Rangsangan berupa penglihatan tersebut diterima oleh reseptor yaitu mata, kemudian rangsangan akan diterima oleh sel saraf sensori.
Pengertian Impuls, Gerak Sadar dan Gerak Refleks Beserta Contohnya
Impuls

Kemudian sel saraf sensori akan membawa rangsangan ke sel saraf penghubung dalam sumsum tulang belakang lalu diteruskan ke otak.

Impuls akan diolah di dalam otak sehingga Ani bisa memutuskan apa yang akan dia lakukan. Hasil olahan impuls dibawa oleh sel saraf motorik ke efektor, misalnya tangan.

Karena Ani tertarik dengan bunga yang indah, maka terjadi gerakan tangan (efektor) mengambil bunga sebagai respons dari rangsangan yang ditangkap oleh matanya.

b. Gerak refleks

Gerak refleks adalah gerak yang tidak disengaja atau tidak disadari. Impuls yang menyebabkan gerakan ini disampaikan melalui jalan yang sangat singkat dan tidak melewati otak. Bagannya sebagai berikut.
Impuls => Reseptor/Indra => Saraf Sensorik => Sumsum Tulang Belakang => Saraf Motorik => Efektor/Otot
Tahukah kamu contoh dari gerak refleks? Apakah kamu pernah melakukan gerak refleks? Contoh gerak refleks adalah sebagai berikut.

Terangkatnya kaki jika terinjak sesuatu.

Gerakan menutup kelopak mata dengan cepat jika ada benda asing yang masuk ke mata.

Menutup hidung pada waktu mencium bau yang sangat busuk.

Gerakan tangan menangkap benda yang tiba-tiba terjatuh.

Gerakan tangan melepaskan benda yang bersuhu tinggi.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Pengertian Impuls, Gerak Sadar dan Gerak Refleks Beserta Contohnya"

Post a Comment