Pengertian Perkembangbiakan Vegetatif Buatan dan Alami

Setelah kamu mengetahui pengertian perkembangbiakan mahluk hidup maka pembahasan kali ini akan membahas tentang pengertian perkembangbiakan vegetatif dan perkembangbiakan vegetatif buatan.

Cara Perkembangbiakan Makhluk Hidup

Kamu telah tahu bahwa ada makhluk hidup yang daya berkembang biaknya tinggi dan rendah. Ada berapa cara makhluk hidup dapat berkembang biak? Makhluk hidup dapat berkembang biak dengan dua cara, yaitu vegetatif dan generatif.

1. Perkembangbiakan vegetatif

Apa yang kamu ketahui tentang perkembangbiakan vegetatif? Perkembangbiakan secara vegetatif adalah perkembangbiakan yang tidak melibatkan sel kelamin atau tidak terjadi perkawinan.

Perkembangbiakan ini disebut perkembangbiakan aseksual. Ada dua macam perkembangbiakan vegetatif, yaitu vegetatif alami dan vegetatif buatan.

a. Vegetatif alami

Perkembangbiakan vegetatif alami terjadi apabila berlangsung sewajarnya tanpa campur tangan manusia.

Alat reproduksi vegetatif alami adalah sebagai berikut.

1) Tunas

Tunas adalah tumbuhan muda yang baru tumbuh di ujung batang atau ketiak daun. Ada dua macam tunas, yaitu tunas adventif dan tunas biasa.

Pengertian Perkembangbiakan Vegetatif Buatan dan Alami
Perkembangbiakan Vegetatif Alami

Tunas adventif adalah tunas yang keluar selain dari ujung batang dan ketiak daun. Contohnya tunas pisang, cocor bebek, dan bambu. Sedangkan tunas biasa adalah tunas yang tumbuh pada ketiak daun dan ujung batang.

2) Umbi

Umbi adalah tempat untuk menyimpan makanan. Selain itu, umbi juga dapat digunakan sebagai alat perkembangbiakan. Pernahkah kamu melihat kebun ketela rambat, kentang, dan bawang?

Ketela rambat, kentang, dan bawang mempunyai umbi. Umbi pada tumbuhan ini digunakan untuk alat perkembangbiakan dan tempat cadangan makanan.

3) Rhizoma

Rhizoma adalah batang yang menjalar di bawah permukaan tanah. Cotohnya laos, kencur, dan jahe.

4) Stolon

Stolon adalah batang yang menjalar di atas permukaan tanah. Contohnya pegagan, arbei, dan rumput teki.

b. Vegetatif buatan

Perkembangbiakan dengan cara vegetatif buatan sering dilaksanakan untuk pembudidayaan tanaman. Misalnya mencangkok, merunduk, dan menyambung.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Pengertian Perkembangbiakan Vegetatif Buatan dan Alami"

Post a Comment