Perkembang Biakan Hewan dan Tumbuhan Secara Generatif

Setelah kamu mempelajari perkembangbiakan secara Vegetatif, maka pembahasan kali ini akan membahas tentang perkembangbiakan hewan secara generatif dan perkembangbiakan tumbuhan secara generatif.

Cara Perkembangbiakan Makhluk Hidup

Kamu telah tahu bahwa ada makhluk hidup yang daya berkembang biaknya tinggi dan rendah. Ada berapa cara makhluk hidup dapat berkembang biak? Makhluk hidup dapat berkembang biak dengan dua cara, yaitu vegetatif dan generatif.

Perkembangbiakan secara generatif

Perkembangbiakan Hewan Secara Generatif

Perkembangbiakan generatif disebut juga dengan perkembangbiakan seksual, karena melibatkan sel-sel kelamin.

Perkembangbiakan tersebut dimulai dengan peleburan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina yang kemudian menghasilkan zigot. Zigot berkembang menjadi individu baru.

Pembuahan adalah peleburan antara sel sperma dan sel telur yang akan menghasilkan zigot dan berkembang menjadi individu baru yang memiliki sifat bervariasi di antara kedua induknya.

Perkembangbiakn Tumbuhan Secara Generatif

Perkembangbiakan pada tumbuhan didahului dengan peristiwa penyerbukan, kemudian diiringi peristiwa pembuahan.

Apa yang dimaksud dengan penyerbukan? Penyerbukan adalah peristiwa sampainya serbuk sari ke kepala putik.

Perkembang Biakan Hewan dan Tumbuhan Secara Generatif
Reproduksi Generatif Pada Tumbuhan

Sampainya serbuk sari ketujuannya dibantu oleh angin, burung, serangga, kelelawar, air, dan manusia. Sedangkan

Kamu telah mengetahui apa itu perkembangbiakan vegetatif dan generatif pada tumbuhan. Adakah perbedaan antara perkembangbiakan vegetatif dan generatif? Coba kamu perhatikan tabel berikut.

Perkembang Biakan Hewan dan Tumbuhan Secara Generatif

Perkembangbiakan vegetatif dan generatif juga terjadi di hewan. Hewan-hewan tingkat rendah dapat berkembang biak secara vegetatif dengan cara membelah diri, yaitu pemisahan induk menjadi dua individu baru atau lebih yang ukurannya hampir sama.

Amoeba berkembang biak dengan cara membelah diri. Masih ingatkah kamu bahwa amoeba termasuk invertebrata? Pada vertebrata juga terjadi perkembangbiakan untuk melestarikan jenisnya. Vertebrata berkembang biak secara generatif.

Perkembangbiakan generatif pada vertebrata terjadi secara periodik dan mempunyai siklus yang jelas. Hal ini sangat memungkinkan hewan untuk menghemat energi dan menghasilkan keturunan untuk kelangsungan hidup keturunannya.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Perkembang Biakan Hewan dan Tumbuhan Secara Generatif"

Post a Comment