Penerapan Elektromagnetik dan Pengertian Macam-Macam Alat Ukur Listrik

Pembahasan kali ini akan membahas mengenai pengertian alat ukur listrik, macam-macam alat ukur listrik, alat ukur arus listrik, alat ukur tegangan listrik, penerapan elektromagnetik, pengeras suara, motor listrik dan bel listrik.

Penerapan elektromagnetik

Seperti telah kamu baca pada awal bab, elektromagnet dapat digunakan untuk mengangkat dan memindahkan bendabenda magnetik, seperti besi dan baja. Marilah kita bahas beberapa pemanfaatan lain gejala elektromagnetik.

a. Alat ukur listrik

Karena elektromagnetik peka terhadap arus listrik, maka elektromagnetik dapat digunakan untuk mendeteksi arus listrik. Alat untuk mendeteksi dan mengukur arus listrik disebut galvanometer, seperti Gambar dibawah.
Gambar: Galvanometer

Alat Ukur adalah perangkat untuk menentukan nilai atau besaran dari suatu kuantitas atau variable. 

Alat ukur listrik adalah suatu peralatan instrumen yang digunakan untuk menentukan besaran-besaran listrik dengan kaidah-kaidah tertentu. 

Besaran-besaran listrik tersebut diantaranya adalah besaran arus, tegangan, tahanan, impedasi, frekuensi, daya listrik, kuat cahaya, dan faktor kerja.

Macam-Macam alat ukur listrik

Ampere meter, ohm meter, dan volt meter.

Pada saat arus mengalir melalui kumparan yang terletak di dalam medan magnet, timbul gaya yang membuat kumparan tersebut berputar dan menyimpangkan jarum penunjuk. Semakin besar arus listrik, semakin besar pula penyimpangan yang terjadi.

Galvanometer terbuat dari kumparan yang dihubungkan dengan rangkaian listrik yang hendak diukur arusnya. Kumparan tersebut dapat berputar bebas pada tumpuannya, dan diletakkan di daerah medan magnet oleh magnet permanen.

Jika arus listrik mengalir pada kumparan, maka gaya magnetik menyebabkan kumparan berputar. Kumparan tersebut tidak dapat terus berputar karena ditahan pegas.

Saat kumparan berputar, jarum penunjuk yang dilekatkan pada kumparan tersebut ikut berputar, dan menunjuk angka tertentu.

Karena kumparan akan berputar pada arah yang berlawanan jika arus dibalik, maka galvanometer dapat digunakan untuk mengukur besar serta menunjukkan arah arus listrik dalam rangkaian.

b. Motor listrik

Tentunya kamu seringkali menggunakan kipas angin listrik untuk membuat ruangan sejuk. Kipas tersebut menggunakan motor listrik, piranti yang dapat mengubah energi listrik menjadi energi kinetik.

Energi kinetik yang berupa putaran bilahbilah kipas tersebut membuat tubuhmu merasa sejuk. Bagaimana cara kerja motor listrik?

Pertama

Jika arus listrik mengalir melalui kumparan, maka timbul medan magnet induksi di dalam kumparan itu. Gaya tarik dan tolak antara magnet kumparan dengan magnet permanen menyebabkan kumparan berputar.

Kedua

Agar kumparan terus berputar, setelah kumparan berputar setengah putaran, arah arus pada kumparan harus dibalik. Alat yang dipergunakan untuk maksud itu adalah komutator. Komutator merupakan sakelar pembalik yang berputar bersama dengan kumparan.

Komutator secara berganti-ganti bersentuhan dengan kutub positif dan negatif baterai, mengakibatkan arah arus berubah. Perubahan arah arus ini menyebabkan kutub-kutub magnet kumparan berubah, dan kumparan meneruskan putarannya akibat gaya kutub magnet permanen.

Ketiga

Proses ini berulang secara terus menerus. Seperti halnya galvanometer, motor listrik memiliki elektromagnet yang dapat berputar bebas.

Elektromagnet ini berada di daerah medan magnet yang berasal dari magnet tetap. Jika arus listrik mengalir melalui elektromagnet, maka elektromagnet tersebut menjadi magnet.

Tarikan dan dorongan antara kutub-kutub magnet kumparan dengan magnet permanen menyebabkan kumparan berputar. Namun kumparan akan berhenti saat medan magnet dari kumparan searah dengan medan magnet dari magnet permanen.

Pada saat arus mengalir melalui kumparan yang terletak di dalam medan magnet, timbul gaya yang membuat kumparan tersebut berputar dan menyimpangkan jarum penunjuk. Semakin besar arus listrik, semakin besar pula enyimpangan yang terjadi.

c. Bel listrik

Coba kamu perhatikan rumahmu. Apakah rumahmu mempunyai bel listrik? Apakah yang kamu ketahui tentang bel listrik? Bel listrik yang sederhana memanfaatkan elektromagnet dengan inti besi yang dapat bergerak bebas.

Jika tombol bel ditekan, maka rangkaian listrik menjadi tertutup dan arus mengalir melalui solenoida. Arus tersebut menyebabkan solenoida mengerjakan gaya magnet. Gaya magnet ini menarik inti besi ke dalam solenoida, sehingga inti besi tersebut memukul bel.

d. Pengeras suara

Tentunya hampir setiap hari kamu mendengarkan musik, berita, dan hiburan lainnya dari radio, tape, atau TV.

Piranti yang dapat membuat kamu mendengar bunyi dari radio, tape, atau TV adalah pengeras suara. Pengeras suara juga memanfaatkan elektromagnet yang digunakan untuk mengubah sinyal-sinyal listrik menjadi energi yang menggerakkan membran.


Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Penerapan Elektromagnetik dan Pengertian Macam-Macam Alat Ukur Listrik "

Post a Comment