Pengertian Rumus Medan Listrik Lengkap

Setelah kamu mengetahui muatan listrik yang di kemukakan oleh ilmuan jerman charles coulomb maka pembahasan kali ini akan membahas tentang  pengertin medan listrik, rumus medan listrik, dan contoh soal medan listrik.

Medan Listrik

Coba kamu ingat kembali pelajaran sebelumnya, bahwa setiap benda bermuatan listrik. Jika benda A yang bermuatan listrik diletakkan di suatu ruang yang di dalamnya sudah ada benda B.
Medan listrik adalah efek yang ditimbulkan oleh  keberadaan muatan listrik seperti elektron, ionatau proton dalam ruangan yang ada di sekitarnya.
Jika benda B bermuatan listrik, benda A akan mengalami gaya listrik juga. Ruang di sekitar A maupun B disebut medan listrik.

Jadi, yang dimaksuddengan medan listrik (E) adalah ruangan di sekitar benda bermuatan listrik yang mengalami gaya listrik.

Jika suatu benda yang bermuatan listrik diletakkan di suatu ruangan, maka dalam ruangan tersebut terdapat medan listrik.

Jika benda lain yang bermuatan listrik diletakkan di ruang tersebut, maka kedua benda akan mengalami gaya.

Jika muatan kedua benda sejenis, maka gaya yang terjadi adalah gaya tolak-menolak dan jika kedua benda mempunyai muatan yang tidak sejenis, maka gaya yang terjadi adalah gaya tarik-menarik
Pengertian Rumus dan Contoh Soal Medan Listrik
Garis-garis gaya listrik.

Medan listrik dilukiskan dengan garis-garis gaya listrik yang arahnya dari kutub positif ke kutub negatif (Gambar diatas).

Kuat medan listrik bergantung pada kerapatan garis-garis gaya listrik. Besar kuat medan listrik dapat ditentukan dengan rumus sebagai berikut.
Pengertian Rumus Medan Listrik Lengkap

Keterangan:
E = kuat medan listrik ........................................ N/C
F = gaya Coulomb .............................................. N
q = besar muatan listrik ..................................... C

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Pengertian Rumus Medan Listrik Lengkap"

Post a Comment