Macam-Macam Penyakit dan Kelainan Pada Sistem Pencernaan

Setelah kamu mempelajari proses pencernan, seharusnya kamu tau makan apa saja yang baik dikonsumsi, sehingga tidak terjadi kelainan pada sistem pencernaan, penyakit pada sistem pencernaan, dan gangguan-gangguan lain pada sistem pencernaan  yang disebabkan dari faktor makanan yang tidak baik. Jika terjadi Macam-macam kelainan pada  sistem pencernaan maka hendaklah pergi ke dokter. taukah kamu macam-macam kelainan pada sistem pencernaan seperti maag, diare, muntaber, kolik usus, konstipasi, diabetes dan deabetes militus.

Penyakit dan Kelainan pada Sistem Pencernaan

Penyakit dan kelainan yang terkait dengan makanan dan sistem pencernaan cukup beragam. Penyakit yang terkait dengan sistem pencernaan antara lain sebagai berikut.

Maag

Maag merupakan penyakit yang menyerang organ pencernaan, yaitu lambung. Produksi asam lambung berlebih disertai keluarnya gas pada reaksi pencernaan menyebabkan rasa mual, perih, dan kembung. Maag dipicu oleh pola makan yang kurang teratur, faktor keturunan, dan faktor psikologis.
Macam-Macam Penyakit dan Kelainan Pada Sistem Pencernaan
Gambar: Lambung Ketika Maag

Diare

Diare disebabkan oleh bakteri yang menyerang saluran cerna. Bakteri tersebut menyebabkan perdarahan pada saluran cerna disertai feses yang cair.

Muntaber

Muntaber disebabkan oleh kuman patogen, misalnya Vibrio Cholerae Kuman tersebut menimbulkan muntah serta berak yang berlebih dan tidak teratur. Feses yang cair disebabkan oleh sistem penyerapan usus yang kurang sempurna akibat infeksi sehingga air ikut keluar bersama feses.

Kolik Usus

Pada kondisi tertentu usus dapat mengalami kejang, akibatnya perut terasa mulas sekali dan kejang. Sering pula terjadi pada bayi. Penyebabnya beragam, ada yang disebabkan karena menangis tiada henti, faktor keturunan, dan hawa dingin yang menyengat.

Konstipasi

Konstipasi (susah buang air besar) dapat terjadi karena makanan kurang mengandung serat sehingga proses pencernaan kurang sempurna atau karena stres.

Adapun penyakit yang terkait dengan pola makan antara lain sebagai berikut.

1. Diabetes

Diabetes ada 2 macam, yaitu diabetes mellitus dan diabetes insipidus.

a Diabetes Mellitus Tak Tergantung Insulin (DMTTI)

Diabetes mellitus lebih banyak disebabkan oleh faktor keturunan.  Penyebabnya antara lain adalah produksi insulin dari pankreas yang kurang sehingga banyak glukosa yang tidak mampu diubah menjadi glikogen. Akibatnya, kadar glukosa darah meningkat.

Glukosa berlebih di dalam darah akan mengganggu pola metabolisme tubuh dan memperlambat aliran darah. Pemicu lain adalah konsumsi gula atau karbohidrat yang berlebih dan dapat pula dipicu oleh faktor obesitas atau kegemukan. Diabetes mellitus ini dapat diatasi dengan pengobatan sekaligus diet karbohidrat yang ketat.

b Diabetes Mellitus Tergantung Insulin (DMTI)

Produksi insulin sangat rendah atau bahkan tidak diproduksi menyebabkan penyakit diabetes insipidus. Dapat pula disebabkan oleh kerusakan pada pulau-pulau langerhans pankreas sehingga kelenjar pankreas tidak bisa menghasilkan insulin. Pengobatannya adalah dengan suntikan insulin.

2. Asam Urat

Asam urat disebabkan faktor keturunan di mana individu yang bersangkutan tidak mempunyai hormon yang mengubah asam urat yang tidak larut dalam plasma darah menjadi produk allantoin yang larut dan dapat dikeluarkan melalui urin.

Asam urat merupakan hasil metabolisme makanan yang mengandung purin, contohnya emping, kacang-kacangan, jeroan, ikan, kopi, dan cokelat. Pencegahannya adalah dengan diet rendah purin.

3. Hiperkolesterolemia

Hiperkolesterolemia berarti kadar kolesterol terlalu tinggi dalam darah. Hiperkolesterolemia dapat diatasi dengan diet rendah kolesterol. Kolesterol banyak terdapat pada daging, ikan, telur, dan jeroan.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Macam-Macam Penyakit dan Kelainan Pada Sistem Pencernaan"

Post a Comment