Organ Penyusun Sistem Pernapasan Pada Manusia

Pembahasan kali ini akan membahas mengenai organ penyusun sistem pernapasan, organ pernafasan manusia, pengertian sistem pernapasan, organ pernapasan dan organ penyusun sistem pernafasan.

Organ Penyusun Sistem Pernapasan

Sistem pernapasan bekerja untuk memasukkan dan mengeluarkan udara ke dalam dan keluar tubuh. Udara yang dimasukkan ke dalam tubuh adalah oksigen, sedangkan yang dikeluarkan adalah karbon dioksida. Sistem pernapasan berfungsi untuk memasok oksigen ke sel-sel tubuh.

Oksigen digunakan oleh sel tubuh untuk membakar sari-sari makanan supaya dihasilkan tenaga. Tenaga berguna untuk melakukan segala aktivitas hidup.

Udara yang dihasilkan dari proses pembentukan energi ini adalah karbon dioksida. Nah, karbon dioksida ini kemudian dikeluarkan oleh tubuh melalui organ pernapasan juga.

Oleh karena itu, di dalam bernapas, terdapat kegiatan menarik dan membuang napas. Aktivitas pernapasan melibatkan beberapa organ. Adapun organ pernapasan dari luar ke dalam adalah sebagai berikut.

Hidung

Terkadang manusia dapat bernapas melalui mulut karena pada pangkal rongga mulut selain terdapat saluran cerna juga ada cabang menuju saluran napas yang disebut tenggorokan.
Organ Penyusun Sistem Pernapasan Pada Manusia
Gambar: Organ Pernapasan Manusia

Meskipun sebenarnya mulut hanyalah alat pernapasan darurat pada saat hidung tidak bisa melakukan pernapasan dengan baik, misalnya pada saat hidung tersumbat.

Di dalam hidung terdapat rambut-rambut yang berguna untuk menyaring kotoran yang masuk bersama udara pernapasan sehingga udara yang masuk ke dalamparu-paru relatif bersih. Berbeda apabila kamu bernapas menggunakan mulut, udara pernapasan yang masuk tidak akan tersaring dengan baik. Lagipula saluran pernapasan yang efektif adalah melalui rongga hidung.

Faring

Faring terletak di belakang mulut, tempat yang dilewati oleh udara, makanan, dan air.

Laring

Laring merupakan kotak suara tempat diproduksi suara.

Trakhea

Trakhea sering disebut juga sebagai tenggorokan, merupakan sebuah pipa udara yang mempunyai ruas-ruas menyerupai tumpukan cincin. Saluran ini menuju ke arah bronkus.

Bronkus

Merupakan saluran yang membawa udara dari trakhea menuju ke paruparu.

Paru-paru

Di dalam paru-paru, bronkus bercabang menjadi pipa-pipa yang lebih kecil disebut bronkioli.

Bronkioli

Merupakan cabang dari bronkus yang berada di dalam paru-paru.

Alveoli

Alveoli merupakan sejumlah kantung udara yang terdapat di dalam paruparu.  Dinding alveoli ini tipis dan menopang jaringan-jaringan kapiler, yaitu saluran halus yang berisi darah. Udara menembus dinding alveoli pada batas antara paru-paru dan kapiler darah.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Organ Penyusun Sistem Pernapasan Pada Manusia"

Post a Comment