Pengertian, Macam-Macam Beserta Fungsi Otot Jantung, Polos dan Luruik

Pembahasan kali ini akan membahas mengenai sistem otot, sistem otot pada manusia, pengertian otot, pengertian otot polos, pengertian kekuatan otot, pengertian jaringan otot, macam macam otot, fungsi otot, fungsi otot polos, fungsi otot jantung, fungsi otot lurikdan fungsi jaringan otot.

Sistem Otot


Otot memegang peranan penting di dalam sistem gerak. Fungsi otot adalah untuk menggerakkan bagian-bagian tubuh. Oleh karena itu, otot disebut sebagaialat gerak aktif.

Pengertian otot yaitu berupa jaringan yang bersifat elastis, terdiri atas sel-sel yang disebut serabut otot. Lebih dari 600 otot tubuh merupakan 40 % dari bobot tubuh kita.

Macam-Macam Otot

Berdasarkan atas sel-sel penyusunnya, otot dibagi menjadi 3 macam, yaitu:

a. Otot polos

Otot polos berbentuk gelondong dengan kedua ujungnya meruncing dan bagian tengahnya membesar. Otot polos bekerja secara tidak sadar, terdapat pada organ-organ bagian dalam tubuh kita seperti paru-paru, usus, otot dinding pembuluh darah dan lain sebagainya. Otot polos bekerja lambat, teratur, dan tidak cepat lelah.


Fungsi otot polos adalah membantu dalam kontraksi yang memungkinkan gerakan zat dalam atau dari organ yang lain

b. Otot lurik

Otot lurik apabila dilihat dengan mikroskop terlihat seperti gambarann lurik-lurik. Otot lurik melekat pada rangka sehingga ada yang menyebutnya otot rangka, contohnya otot lengan, otot paha, otot perut, dan sebagainya.

Otot lurik bekerja secara sadar, menurut kehendak kita dan gerakannya tidak teratur sehingga disebut otot sadar.

c. Otot Jantung

Otot jantung mempunyai kenampakan menyerupai otot lurik, namun gerakannya adalah secara tidak sadar. Otot jantung bekerja secara teratur, tidak cepat lelah, dan tidak mengikuti kehendak kita.

Fungsi otot jantung adalah menggerakkan jantung sehingga jantung bisa memompa darah ke seluruh tubuh.

Bagaimanakah kerja otot-otot yang ada pada tubuh kita? Simaklah penjelasan berikut ini!
Pengertian, Macam-Macam Beserta Fungsi Otot Jantung, Polos dan Luruik
Gambar: Macam-Macam Otot

a. Otot bekerja dikendalikan oleh sistem saraf atau sistem koordinasi. Mengenai sistem saraf atau sistem koordinasi ini akan dibahas pada kesempatan lainnya..

b. Sistem saraf atau sistem koordinasi ini antara lain dikendalikan oleh otak dan sumsum tulang belakang. Otot yang sudah distimulasi oleh sistem koordinasi akan melakukan pergerakan secara aktif.

c. Pada otot polos dan otot jantung, gerakan yang terjadi adalah konstan dan terus-menerus.

d. Gerakan otot pada usus disebut sebagai gerak peristaltik, yaitu gerakan seperti memompa yang berfungsi untuk mencerna sekaligus mengeluarkan sisa makanan.

e. Gerakan otot jantung adalah memompa darah yang bisa dirasakan sebagai detak jantung, dan lain sebagainya.

f. Gerakan otot lurik atau gerakan sadar tidak secara terus-menerus dilakukan melainkan hanya akan bergerak pada saat-saat tertentu saja.

Contohnya otot kaki hanya akan bergerak saat kita hendak berlari, melangkah, dan menendang. Gerakan otot leher hanya terjadi pada saat kita menengok, menunduk, dan lain sebagainya.

g. Gerakan otot tidak dapat mendorong, melainkan hanya menarik. Oleh karena itu, untuk menghasilkan gerakan maju dan mundur diperlukan otot-otot yang bekerja berpasangan dengan efek yang berlawanan.

Coba perhatikan otot lenganmu! Pada bagian atas lenganmu terdapat dua jenis otot, yaitu trisep dan bisep. Apabila otot bisep mengerut, otot trisep mengendur akibatnya lengan akan menekuk. Sedangkan jika trisep mengerut maka bisep mengendur dan lengan menjadi lurus.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Pengertian, Macam-Macam Beserta Fungsi Otot Jantung, Polos dan Luruik"

Post a Comment