Pengertian Macam-Macam Jenis Molekul dan Ion

Pembahasan kali ini akan membahas mengenai pengertian molekul, macam-macam molekul, pengertian ionpengertian kation, pengertian anion  pengertian monoatomik dan pengertian molekul poliatomik.

Molekul dan Ion

Molekul

Molekul adalah partikel (spesi) netral yang terdiri atas dua atau lebih atom, baik atom sejenis maupun atom yang berbeda. Ada 2 jenis molekul, yaitu molekul monoatomik dan molekul poliatomik. Molekul monoatomik adalah molekul yang terdiri atas satu atom, misalnya molekul gas mulia (He, Ne, Ar, Kr, Xe, dan Rn).

Sedangkan molekul pengertian poliatomik adalah molekul yang terdiri atas lebih dari 1 atom. Molekul poliatomik yang terdiri atas atom sejenis disebut molekul unsur, sedangkan yang terdiri atas atom atom yang berbeda disebut molekul senyawa.

Molekulmolekul unsur dapat berupa diatomik seperti O2, N2, dan Cl2, atau tetraatomik seperti P4, dapat juga berupa oktaatomik seperti S8.
Gambar: Molekul senyawa 2H2O dan molekul unsur O2

Perbedaan antara molekul unsur dan molekul senyawa ditunjukkan dengan gambar diatas. Dalam kehidupan sehari-hari, tanpa kita sadari kita sering menggunakan molekul unsur dan molekul senyawa tertentu. Berikut ini adalah beberapa contoh molekul unsur dan molekul senyawa yang sering berhubungan dengan kehidupan kita sehari-hari beserta kegunaannya.

Tabel: Beberapa molekul unsur

Tabel: Beberapa molekul senyawa

Ion 

Ion adalah atom atau gugus atom yang bermuatan listrik. Ion terdiri atas kation dan anion. Kation adalah ion yang bermuatan positif, sedangkan anion adalah ion yang bermuatan negatif. Kation dan anion bergabung dalam proporsi yang tertentu dan tetap untuk membentuk senyawa ionik yang netral.

Garam dapur (natrium klorida) merupakan contoh bergabungnya kation Na+ dengan anion Cl–. Beberapa nama anion dan kation tercantum pada tabel di bawah ini.

Pengertian Macam-Macam Jenis Molekul dan Ion
Tabel: Beberapa kation dan anion

Senyawa yang terbentuk dari ion-ion disebut sebagai senyawa ionik. Kation dan anion bergabung dengan perbandingan tertentu untuk menghasilkan senyawa ionik yang netral.

Agar dapat dihasilkan senyawa ionik yang netral, muatan negatif pada anion jumlahnya harus sama dengan muatan positif pada kation.

Contoh pembentukan senyawa ionik diperlihatkan oleh tabel berikut.
Tabel: Contoh pembentukan senyawa ionik

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Pengertian Macam-Macam Jenis Molekul dan Ion"

Post a Comment