Pengertian Partikel Atom Menurut Dalton dan Para Ahli

Kapur yang dihancurkan akan menjadi serbuk-serbuk kecil. Dan Serbuk kapur tersebut dibuatnya dari sebatang kapur yang dipecah-pecah. Ketika sebatang kapur dipecah menjadi dua bagian, kemudian pecahannya dipecah lagi dan seterusnya maka hasil akhirnya berupa serbuk kapur. Apakah serbuk kapur tersebut merupakan bagian terkecil dari sebatang kapur atau masih dapat dipecah lagi?  Apakah serbuk tesebut bisa dikatakan sebagai partikel lalu apa pengertian partikel? lalu apakah partikel bisa dibagi lagi? apa pengertian atom? mari kita bahas pengertian atom menurut para ahli dan pengertian atom menurut delton.

Partikel Materi

Pada materi sebelumnya telah belajar tentang materi. Kita tahu bahwa segala materi di sekeliling kita, baik yang berupa zat tunggal maupun campuran, terdiri atas butir-butir kecil atau partikel.

Zat tunggal terdiri atas sejenis partikel, sedangkan campuran terdiri atas dua atau lebih jenis partikel yang tercampur begitu saja tanpa reaksi kimia.
Pengertian Partikel adalah sebuah satuan dasar dari benda atau materi
Partikel materi dapat berupa atom, molekul, atau ion. Partikel materi tersebut mempunyai ukuran sangat kecil, sehingga hampir mustahil untuk mengamatinya. Namun, berkat kemajuan sains dan teknologi, saat ini telah berhasil ditemukan partikel paling kecil yang disebut quark atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai kuark.

Anggapan bahwa atom merupakan bola kecil yang kompak dan tidak dapat dipecahkan lagi menjadi partikel yang lebih sederhana ternyata tidak benar.

Pengertian Partikel Atom Menurut Dalton dan Para Ahli
Gambar: John Dalton 

Penemuan keradioaktifan oleh Antonie Henri Becquerel ratusan tahun yang lalu telah membuktikan bahwa atom tersusun atas partikel-partikel yang lebih kecil lagi, yaitu elektron (ditemukan oleh Joseph John Thomson), proton (ditemukan oleh Ernest Rutherford), dan neutron (ditemukan oleh James Chadwick).

Satu atom, menurut ilmu kimia, terstruktur atas inti atom yang terdiri atas proton (bermuatan positif) dan neutron (netral), serta elektron yang bermuatan negatif dan beredar mengelilingi inti dalam lintasan-lintasan tertentu yang disebut kulit dan orbital atom.

Jumlah proton = jumlah elektron (karena atom bersifat netral) menunjukkan nomor atom. Jumlah proton atau elektron + neutron menunjukkan bobot atom.
Pengertian atom adalah Satuan terkecil dari suatu materi yang terdiri atas inti, yang biasanya mengandung proton (muatan+) dan neutron (netral), dan kulit yang berisi muatan negatif yaitu elektron

Apakah Atom dapat Dilihat?

Kita patut bersyukur kepada Tuhan bahwa berkat kemajuan teknologi, saat ini telah dapat dilakukan visualisasi partikel materi yang pernah dianggap sebagai partikel terkecil, yaitu atom.
Pengertian atom menurut Dalton adalah bagian terkecil dari unsur. Atom bersifat netral (tidak bermuatan listrik).
Visualisasi atom dilakukan dengan menggunakan sebuah mikroskop yang dikenal sebagai STM atau Scanning Tunneling Microscope.

Melalui monitor komputer dapat dilihat visualisasi terhadap atom-atom yang diamati melalui STM. Atom-atom silikon-60 pada gambar di atas yang mula-mula terlihat sebagai bintik putih pada gambar sebelah kiri dapat terlihat secara individual di dalam gambar terkomputerisasi yang diperoleh dengan menggunakan mikroskop STM (Scanning Tunneling Microscope) pada gambar sebelah kanan.

Mikroskop ini mampu memperbesar citra permukaan yang berskala atomik dengan cara mendeteksi aliran listrik yang mengalir dari permukaan tersebut menuju ujung logam pendeteksi.

Sedemikian kecilnya sebuah atom hingga beberapa gram unsur atau senyawa dapat terdiri atas miliaran triliun atom. Misalnya, 58,5 gram kristal garam yang terdiri atas kurang lebih 600.000.000.000.000.000.000.000 (enam ratus miliar triliun) atom. Untuk lebih jelasnya kita akan membahas partikelpartikel materi satu per satu.

58,5 gram garam dapur terdiri atas kurang lebih enam ratus miliar triliun atom Materi tersusun atas pertikelpartikel kecil yang disebut atom. Atom tersusun atas inti atom yang dikelilingi oleh awan elektron. Inti atom berupa proton dan neutron.

Sedangkan neutron, elektron, dan proton masih tersusun lagi atas partikel terkecil yang disebut dengan quark. Quark inilah yang saat ini dianggap sebagai partikel terkecil yang sudah tidak dapat dibagi lagi menjadi partikel yang lebih kecil.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Pengertian Partikel Atom Menurut Dalton dan Para Ahli"

Post a Comment