Sistem Peredaran Darah Besar dan Kecil Pada Manusia

Setelah kamu mempelajari tentang macam-macam golongan darah maka pembahasan kali ini akan membahas mengenai sistem peredaran darah besar, peredaran darah besar, sistem peredaran darah kesil, sistem peredaran darah pada manusia dan sistem peredaran darah manusia.

Sistem Peredaran Darah Manusia

Sebelumnya telah disebutkan bahwa darah berfungsi mengangkut oksigen dan sari makanan ke seluruh bagian tubuh kita. Dengan demikian, darah memiliki suatu sistem pengangkutan yang disebut sistem peredaran darah. Sistem peredaran darah manusia terdiri atas jantung dan pembuluh darah.
Sistem Peredaran Darah Besar dan Kecil Pada Manusia
Gambar: Jantung

Jantung merupakan pusat sistem peredaran darah manusia. Dari jantung, darah dialirkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah arteri atau pembuluh nadi. Sedangkan darah yang menuju ke jantung dibawa oleh pembuluh darah vena atau pembuluh darah balik. Jadi, jantung berfungsi memompa darah agar mengalir ke seluruh bagian tubuh kita. Perhatikan gambar di atas!

Dari gambar tampak bahwa jantung memiliki 4 buah ruang yang disebut serambi dan bilik serta 4 buah katub. Katub pada jantung berfungsi mencegah darah berbalik arah. Darah dalam tubuh kita mengalir dengan sistem tertentu. Perhatikan kembali gambar bagian jantung di samping!

Peredaran Darah Besar

Peredaran darah besar yaitu dari jantung ke seluruh tubuh kemudian kembali lagi ke jantung. Dari batang pembuluh vena cava atas dan bawah, darah masuk ke serambi kanan. 

Setelah melalui serambi kanan, darah dipompa masuk ke bilik kanan. Selanjutnya darah masuk ke arteri paru-paru kemudian masuk ke paru-paru. Darah yang berasal dari vena paru-paru masuk ke serambi kiri, kemudian dialirkan ke bilik kiri.

Selanjutnya dari bilik kiri darah masuk ke pembuluh besar atau aorta untuk kemudian diedarkan ke seluruh tubuh. Darah yang mengalir menjauhi jantung dibawa oleh pembuluh darah arteri atau pembuluh nadi.
Sistem Peredaran Darah Besar dan Kecil Pada Manusia
Gambar: Peredaran Darah Besar

Darah yang menjauhi jantung membawa oksigen dan zat makanan, kecuali arteri pada paru-paru yang tidak mengandung oksigen dan zat makanan. Alur peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh yang dibawa oleh arteri adalah sebagai berikut.

Jantung ==> Arteri ==> Arteriolum ==> Pembuluh nadi (arteri) kapiler
Sedangkan darah yang mengalir menuju jantung dibawa oleh pembuluh darah vena atau pembuluh balik. Pembuluh darah vena mengandung CO2, sedikit oksigen (O2), dan sedikit sari makanan, kecuali pada vena paru-paru yang mengandung lebih banyak O2 dan sari makanan.

Peredaran darah kecil

Peredaran darah kecil adalah jantung kemudian ke paru-paru dan kembali lagi ke jantung lagi. Alur peredaran darah dari bagian tubuh lain ke jantung yang dibawa oleh vena adalah sebagai berikut.
Pembuluh vena kapiler ==> Venolus ==> Vena paru-paru ==> Jantung
Sebaiknya Tahu Ketika orang beristirahat, jantung memompa 5–6 liter darah tiap menit. Olahraga ringan menyebabkan jantung memompa 7–8 liter darah tiap menit. Sedangkan olahraga berat memacu darah memompa 30 liter darah tiap menit.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

1 Response to "Sistem Peredaran Darah Besar dan Kecil Pada Manusia"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete