400 Dampak Dan Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Berikut ini merupakan pembahasan tentang salah satu contoh zat adiktif yang banyak kita temui dalam kehidupan sehari-hari yaitu rokok. Pembahasan ini meliputi dampak merokok, bahaya rokok bagi kesehatan, berhenti merokok, dampak merokok bagi kesehatan, bahaya asap rokok bagi ibu hamil, artikel bahaya merokok bagi kesehatan, pengaruh rokok terhadap kesehatan, bahaya merokok bagi pelajar, akibat merokok bagi kesehatan, dan kerugian merokok.
Merokok adalah kegiatan mengisap dan mengembuskan asap dari rokok yang dibakar. 
Sejarah berkembangnya kebiasaan merokok dimulai ketika para penjelajah dari Eropa pada tahun 1500-an menemukan bahwa suku Indian mempunyai kebiasan merokok daun tembakau di dalam pipa.

Mereka kemudian meniru kebiasaan orang Indian tersebut dengan menanam tembakau secara besar-besaran di daerah koloninya untuk dijadikan komoditi ekspor. Merokok kemudian menjadi kebiasaan yang tersebar luas di Eropa pada tahun 1600-an.

Rokok mengandung sejumlah zat yang dapat menyebabkan ketergantungan atau ketagihan. Oleh karena itu, rokok dapat digolongkan sebagai zat adiktif.

Selain menyebabkan ketagihan, zat-zat dalam rokok banyak mengandung racun yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Kini orang mulai sadar bahwa rokok berbahaya bagi kesehatan.

Di dalam asap rokok terkandung zat kimia lebih dari 4.000 jenis. Empat ratus macam di antaranya merupakan bahan beracun dan 43 macam yang lain dapat menyebabkan kanker (zat karsinogen).

Zat kimia yang terkandung di dalam rokok tidak saja berbahaya bagi perokok (perokok aktif), tetapi juga bagi orang di sekitarnya yang tanpa sengaja ikut menghirup asap tersebut (perokok pasif). Tabel berikut ini menyajikan beberapa bahan kimia dalam rokok serta efeknya bagi kesehatan.

Tabel: Efek Bahan Kimia Rokok Bagi Kesehatan
400 Dampak Dan Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh Manusia


Meskipun rokok sangat berbahaya bagi kesehatan tetapi masih banyak orang yang merokok. Oleh karena itu, dalam setiap kemasan dan iklan rokok selalu disertakan peringatan bahaya merokok.

Untuk mengampanyekan bahaya merokok bagi kesehatan, WHO (organisasi kesehatan dunia) menetapkan tanggal 31 Mei sebagai hari bebas merokok sedunia.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "400 Dampak Dan Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh Manusia"

Post a Comment