Contoh Bahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut ini merupakan pembahasan tentang bahan kimia dalam kehidupan sehari hari, bahan kimia dalam rumah tangga, bahan kimia pembersih, bahan kimia pemutih, bahan kimia pembasmi serangga, dan bahan kimia pewangi.

Berbagai macam produk di atas kita gunakan setiap hari. Mulai dari pembersih, pewangi, hingga anti-nyamuk. Produk-produk tersebut sangat kita butuhkan bagi kesehatan dan kenyamanan kita.

Coba bayangkan seandainya kamu mandi tanpa menggunakan sabun mandi atau menggosok gigi tanpa menggunakan pasta gigi! Tentu tidak nyaman, bukan?

Sebenarnya, bahan-bahan apa yang terkandung dalam produk di atas? Bagaimana cara kerjanya? Apa efek samping penggunaan bahan-bahan tersebut? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan terjawab melalui pembahasan berikut ini.

Bahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari

Coba kamu ingat-ingat aktivitasmu pagi ini! Pagi hari setelah bangun tidur kamu mandi menggunakan sabun mandi, lalu menggosok gigi dengan pasta gigi.

Setelah itu kamu mengenakan pakaian seragam sekolah. Pakaian seragammu bersih dan harum karena sebelumnya telah dicuci dengan detergen dan diberi pengharum.

Peralatan makan yang kamu gunakan untuk makan pagi juga bersih karena dicuci dengan cairan pencuci piring. Sabun, pasta gigi, deterjen pencuci, maupun pengharum pakaian yang kita gunakan sehari-hari menggunakan bahan kimia tertentu.

Dari gambaran tersebut jelas bahwa hidup kita tidak bisa lepas dari bahanbahan kimia. Bahan-bahan kimia tersebut meliputi bahan untuk menjaga kebersihan dan memberikan kenyamanan.
Contoh Bahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari
Gambar: Contoh Bahan Kimia Rumah Tangga

Berikut ini adalah uraian tentang pengelompokan bahan-bahan kimia rumah tangga ke dalam kategori pembersih, pemutih, pewangi, dan pestisida, serta pengaruh penggunaan dan efek sampingnya.

1. Bahan Pembersih

Seperti sudah disebutkan sebelumnya bahwa terdapat banyak sekali bahan kimia yang dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Satu di antaranya adalah pembersih.

Kita menggunakan berbagai macam pembersih untuk membersihkan badan, pakaian, lantai, piring, hingga kamar mandi. Apakah pembersih itu? Baca Selengkapnya: Macam-macam Contoh Bahan Kimia Pembersih

2. Pemutih

Di antara teman sekelasmu, adakah yang bajunya selalu tampak putih cemarlang walaupun penggunaan dan usia baju tersebut sama dengan baju milik teman-temanmu yang lain?

Jika ada, apa kira-kira penyebabnya? Baju putih harus dirawat lebih teliti dibandingkan dengan baju berwarna. Mengapa demikian? Baca Selengkapnya: Bahan Kimia Pemutih dan Efek Sampingnya

3. Pewangi

Alangkah tidak menyenangkan apabila kita dijauhi karena bau tak sedap yang timbul dari badan. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan bau badan, misalnya keringat yang berlebih.

Keringat yang berlebih dapat menyebabkan bakteri penyebab bau badan berkembang biak dengan subur. Bau badan yang kurang sedap dapat diatasi dengan deodoran atau parfum.

Deodoran atau parfum termasuk salah satu produk pewangi. Produk pewangi yang lain, misalnya pengharum ruangan. Baca Selengkapnya: Bahan Kimia Pewangi dan Efek Sampingnya

4. Pembasmi Serangga (Insektisida)

Nyamuk termasuk serangga berbahaya yang sering mengganggu kita. Pernahkah kamu mendengar nama Aedes aegypti? Aedes aegypti merupakan jenis nyamuk yang dapat membawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah.

Oleh karena bahaya yang dapat ditimbulkan oleh nyamuk maka dilakukan berbagai cara untuk menghindarkan diri dari ganggguan nyamuk. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan obat anti nyamuk. Baca Selengkapnya: Bahan Kimia Pembasmi Serangga dan Efek Sampingnya

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Contoh Bahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari"

Post a Comment