Hubungan Usaha dengan Energi Potensial

Berikut ini adalah pembahasan yang masih terkait dengan pembahasan tentang energi dan juga usaha. Yaitu hubungan antara usaha dan energi baik energi kinetik maupun energi potensial.

Apa hubungan antara usaha dengan energi kinetik? Apa hubungan antara usaha dengan energi potensial? Untuk lebih jelasnya silahkan pahami pembahasan berikut ini!

Hubungan antara Energi dengan Usaha

Sebelumnya telah disebutkan bahwa energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar di bawah ini!
Hubungan Usaha dengan Energi Potensial
Gambar: Usaha yang dilakukan oleh bola
untuk berpindah setinggi h memerlukan energi

Sebuah bola berada di atas lantai. Bola tersebut kemudian digerakkan ke atas dengan gaya F, akibatnya bola berpindah setinggi h.

Hal ini berarti kita melakukan usaha untuk memindahkan bola dari lantai sampai setinggi h. Ketika bola bergerak, bola memiliki energi kinetik. 

Pada saat bola berada setinggi h, bola memiliki energi potensial. Besarnya usaha yang diperlukan untuk memindahkan bola sama dengan selisih energi kinetiknya atau selisih energi potensialnya.
Ep = Ek = W = F . s 
Kesimpulan:
Bahwa besarnya usaha sama dengan besarnya perubahan energi pada benda.
Demikian pembahasan singkat, padat dan jelas tentang hubungan antara energi kinetik, energi potensial dan usaha.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Hubungan Usaha dengan Energi Potensial"

Post a Comment