Pengertian dan Rumus Usaha beserta Contoh Soalnya

Pada pembahasan sebelumnya telah dibahas secara tuntuas tentang energi, mulai pengertian energi, macam-macam energi, contoh perubahan bentuk energi sampai hukum kekekalan energi.

Berikut ini adalah pembahasan yang masih berkaitan dengan energi yaitu usaha, yang meliputi definisi uasaha, pengertian usaha, rumus usaha, contoh usaha, contoh soal usaha.

Pengertian Usaha

Kata usaha sudah tidak asing lagi bagi kita. Apa sebenarnya usaha itu? Sering kali kita mendengar orang berkata bahwa untuk mencapai suatu tujuan tertentu maka kita harus melakukan kerja atau usaha.
Dalam fisika, usaha didefinisikan sebagai hasil kali antara besarnya gaya yang diberikan pada benda dengan besar perpindahan benda tersebut. 
Usaha merupakan besaran skalar karena tidak memiliki arah dan hanya memiliki besar. Usaha dalam fisika dikatakan bernilai jika usaha yang dilakukan menghasilkan perubahan kedudukan.
Pengertian dan Rumus Usaha beserta Contoh Soalnya
Gambar: Gaya sebesar F dapat menggese balok sejauh s

Ketika sebuah gaya bekerja pada suatu benda sehingga menimbulkan perpindahan benda, dikatakan bahwa gaya melakukan usaha pada benda tersebut.

Rumus Usaha

Jika gaya sebesar F yang dapat menyebabkan balok berpindah sejauh s terletak pada sebuah garis lurus maka besarnya usaha W dapat dirumuskan sebagai berikut.
W = F . s 
Keterangan:
W : usaha (Nm atau J)
F : gaya (N)
s : perpindahan (m)

Satuan usaha dalam fisika adalah Joule atau Newton-meter.

Contoh Soal tentang Usaha

Agar kamu lebih memahami penghitungan matematis dari usaha, simaklah contoh soal berikut!

Sebuah meja didorong dengan sebuah gaya sebesar 200 N dan bergeser sejauh 2,5 m. Berapakah besar usaha yang dilakukan?

Penyelesaian:

Diketahui:
F = 200 N
s = 2,5 m

Ditanyakan: W =…?

Jawab:
W = F . s
W = 200 . 2,5
W = 500 J
Jadi, usaha yang dilakukan untuk memindahkan meja sebesar 500 J.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Pengertian dan Rumus Usaha beserta Contoh Soalnya"

Post a Comment