Bunyi Hukum Pascal serta Contoh Aplikasi dan Penerapan Hukum Pascal dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut ini adalah pembahsan yang masih terkait dengan tekanan benda pada zat cair yaitu tentang hukum pascal yang meliputi bunyi hukum pascal dan contoh penerapan hukum pascal dalam kehidupan sehari-hari, aplikasi hukum pascal, contoh hukum pascal, dongkrak hidrolik, contoh hukum pascal dalam kehidupan sehari-hari.

Bunyi Hukum Pascal

Pada gambar di bawah ini tampak sebuah kran air yang dihubungkan dengan sebuah bejana yang memiliki berbagai bentuk. Dari pembahasan sebelumnya, telah kita ketahui bahwa besar tekanan hidrostatis tidak dipengaruhi oleh wadahnya.
Bunyi Hukum Pascal serta Contoh Aplikasi dan Penerapan Hukum Pascal dalam Kehidupan Sehari-hari
Gambar: Hukum Pascal menyatakan bahwa tekanan zat cair
pada ruang tertutup diteruskan ke segala arah sama besar

Dengan demikian, besar tekanan yang dialami oleh dinding bejana adalah sama, meskipun bentuk bejana berbeda-beda. Oleh karena tekanan pada masing-masing bejana sama besar maka tinggi permukaan masing-masing bejana juga sama.

Peristiwa ini diamati oleh Blaise Pascal. Pascal menyatakan bahwa:
Tekanan yang diberikan pada zat cair dalam ruang tertutup diteruskan ke segala arah dan sama besar.

Contoh Penerapan Hukum Pascal

Hukum Pascal banyak diterapkan pada beberapa peralatan, diantaranya:

a. dongkrak hidrolis,

b. pompa hidrolis,

c. mesin pengangkat mobil hidraulis,

d. kempa hidraulis, dan

e. rem piringan hidrolis.
Bunyi Hukum Pascal serta Contoh Aplikasi dan Penerapan Hukum Pascal dalam Kehidupan Sehari-hari
Gambar: Rem mobil memanfaatkan prinsip hukum Pascal

Peristiwa pengereman mobil melibatkan prinsip hukum Pascal. Ketika kaki pengemudi menekan pedal rem, pengemudi tersebut mendorong piston (1) yang memaksa zat cair mengalir di dalam silinder (2).

Zat alir atau fluida yang ada dalam silinder akan mengalir menuruni pipa ke dua silinder lain (tanda anak panah). Silinder-silinder ini menekan bantalan rem (3) ke cakram di roda.

Akibatnya terjadi gesekan antara cakram dengan roda. Gesekan ini akan memperlambat laju mobil sehingga mobil menjadi berhenti. (Pakar Raya. 2006)

Demikian Pembahasan tentang bunyi hukum pascal serta contoh aplikasi dan penerapan hukum pascal dalam kehidupan sehari-hari.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Bunyi Hukum Pascal serta Contoh Aplikasi dan Penerapan Hukum Pascal dalam Kehidupan Sehari-hari"

Post a Comment