Pengertian dan Fungsi Manometer serta Macam-macamnya

Berikut ini merupakan pembahasan tentang tekanan udara dalam ruang tertutup yang meliputi pengertian menometer, macam macam manometer dan fungsinya.

Pengertian dan Fungsi Manometer

Udara ternyata memberikan tekanan pada ruang tertutup. Ketika kamu meniup balon maka pada balon terasa adanya tekanan yang menekan tangan kalian. Untuk mengukur tekanan gas dalam ruang tertutup digunakan manomater.
Manometer adalah alat yang berfungsi untuk mengukur tekenan udara dalam ruang tertutup.

Macam-macam Manometer

Ada dua jenis manometer, yaitu manometer zat cair dan manometer logam.

a. Manometer zat cair

Manometer zat cair merupakan manometer jenis terbuka. Pada manometer zat cair terdapat pipa U yang memiliki satu tabung terbuka dan satu tabung tertutup. Cairan dalam tabung dapat berupa air raksa, alkohol, ataupun air.

Prinsip pengukuran tekanan udara dalam tabung manometer adalah dengan mengukur selisih ketinggian fluida dalam pipa.

Jika tekanan gas dalam tabung lebih besar dari tekanan udara luar maka tinggi permukaan zat cair dalam tabung terbuka lebih tinggi daripada tinggi permukaan zat cair dalam tabung yang tertutup.

Besar tekanan dalam tabung manometer dirumuskan:
Pgas = Pluar + h 
Jika tekanan udara dalam tabung tertutup lebih kecil dibanding tekanan udara luar maka tinggi permukaan zat cair dalam tabung terbuka lebih rendah dibandingkan dengan tinggi permukaan zat cair dalam tabung tertutup.

Tekanan udara dalam tabung tersebut dinyatakan:
Pgas = Pluar – h
Umumnya cairan yang digunakan pada manometer zat cair adalah air raksa sehingga satuan h adalah cm, mengingat tekanan udara luar diasumsikan 76 cmHg.
Gambar: Manometer

b. Manometer logam

Untuk tekanan udara yang tinggi, seperti pengukuran tekanan udara dalam ban mobil, tekanan gas, dan tekanan tungku pemanas digunakan manometer logam.

Manometer ini digunakan karena tekanan udara yang diukur sangat besar sehingga tidak mungkin menggunakan manometer zat cair.

Manometer logam ada beberapa macam, antara lain:

1) manometer Bourdon,

2) manometer Schaffer dan Boudenberg, dan

3) manometer pegas.

Demikian pembahasan tentang tekenan udara dalam ruang tertutup, alat untuk mengukur tekenan udara dalam ruan tertutu dan macam-macamnya.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Pengertian dan Fungsi Manometer serta Macam-macamnya"

Post a Comment