Pengertian dan Rumus Bidang Miring serta Contoh Soal Bidang Miring

Berikut ini merupakan pembahasan tentang salah satu jenis pesawat sederhana yaitu bidang miring. Pembahasan ini meliputi pengertian bidang miring, contoh bidang miring, rumus bidang miring, contoh soal bidang miring, pesawat sederhana bidang miring.

Pengertian Bidang Miring

Sekitar tahun 236 SM, penemu dari Yunani, yaitu Archimedes, merancang sebuah pompa putar yang disebut sekrup Archimedes. Prinsip kerja sekrup Archimedes menggunakan bidang miring.

Pada zaman dahulu sekrup Archimedes banyak digunakan untuk mengangkat air dari sungai menuju lahan pertanian. Hingga saat ini sekrup Archimedes masih digunakan dalam bidang industri.
Pengertian dan Rumus Bidang Miring serta Contoh Soal Bidang Miring
Gambar: Bidang Miring

Memindahkan benda dari suatu tempat ke tempat yang lebih tinggi akan terasa berat jika langsung kita angkat. Dengan menggunakan bidang miring hal tersebut akan lebih mudah dilakukan.
Bidang miring merupakan bidang datar yang diletakkan miring atau membentuk sudut terhadap lantai.
Atau;
Bidang miring adalah suatu permukaan datar yang memiliki suatu sudut, yang bukan sudut tegak lurus, terhadap permukaan horizontal. Penerapan bidang miring dapat mengatasi hambatan besar dengan menerapkan gaya yang relatif lebih kecil melalui jarak yang lebih jauh, dari pada jika beban itu diangkat vertikal. 

Rumus Bidang Miring

Besarnya gaya yang diperlukan untuk memindahkan benda adalah:

Pengertian dan Rumus Bidang Miring serta Contoh Soal Bidang Miring

Keterangan:
s : panjang bidang miring (m)
h : tinggi bidang miring (m)

Dengan demikian, keuntungan mekanis dari bidang miring adalah sebagai berikut.

Pengertian dan Rumus Bidang Miring serta Contoh Soal Bidang Miring

Dalam kehidupan sehari-hari, prinsip kerja bidang miring digunakan pada pembuatan jalan-jalan di bukit dan pegunungan, sekrup, resleting, dan tangga.

Sekrup bekerja dengan menggunakan prinsip bidang miring. Pada sekrup terdapat silinder dan uliran yang bekerja bersamaan. Jika sekrup diputar satu kali maka kepala sekrup dan sumbu sekrup akan bergerak melingkar satu kali.

Besar keuntungan mekanis dari sekrup dirumuskan sebagai berikut.

Pengertian dan Rumus Bidang Miring serta Contoh Soal Bidang Miring

Interval sekrup merupakan jarak antaruliran.

Keuntungan menggunakan bidang miring adalah memperkecil usaha yang dilakukan dengan menambah jarak tempuh. Kelemahan dari pesawat ini adalah untuk menggunakannya diperlukan waktu yang relatif lebih lama.

Untuk membantumu memahami bagaimana cara bidang miring memperkecil usaha yang dilakukan, pelajari contoh soal berikut ini!

Contoh Soal Bidang Miring

Sebuah balok akan dinaikkan ke dalam sebuah truk dengan menggunakan bidang miring sepanjang 2,5 m. Gaya yang dibutuhkan sebesar 400 N. Jika tinggi bidang miring 2 m, berapakah berat balok tersebut?

Penyelesaian :

Diketahui:
F= 400 N
s = 2,5 m
h = 2 m

Ditanyakan: w = . . .?

Jawab:
       F × s = w × h
400 × 2,5 = w × 2
          2w = 1.000
            w = 500

Jadi, berat balok tersebut adalah 500 N.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Pengertian dan Rumus Bidang Miring serta Contoh Soal Bidang Miring"

Post a Comment