Pengertian Getaran dan Contohnya

Berikut ini merupakan pembahasan pengertian getaran, contoh getaran, kapan suatu benda dikatakan melakukan satu getaran sempurna atau satu getaran penuh.

Pengertian Getaran

Seorang anak yang sedang bermain ayunan menunjukkan ayunan yang bergerak ke atas dan ke bawah secara berulang-ulang. Gerakan ke atas dan ke bawah tersebut menunjukkan peristiwa yang berhubungan dengan getaran.

Posisi awal ayunan sebelum digerakkan adalah tegak lurus dengan tanah. Gerakan ayunan ke atas dan ke bawah selalu melewati posisi semula.

Dari peristiwa di atas dapat diambil kesimpulan bahwa getaran adalah gerak bolak-balik suatu benda secara periodik melalui titik setimbangnya.
Getaran adalah suatu gerak bolak-balik di sekitar kesetimbangan. Kesetimbangan di sini maksudnya adalah keadaan di mana suatu benda berada pada posisi diam jika tidak ada gaya yang bekerja pada benda tersebut. Getaran mempunyai amplitudo (jarak simpangan terjauh dengan titik tengah) yang sama. (Wikipedia)
Dalam kehidupan sehari-hari banyak kita temukan contoh benda-benda yang bergetar. Apa sajakah itu? Tentu kamu dapat mencari benda yang bergetar di sekitar tempat tinggalmu.

Nah, untuk lebih memahami tentang getaran lakukanlah percobaan berikut!

Langkah Kerja

1. Letakkan sebuah mistar pada meja dan jepit dengan balok atau buku yang tebal agar jepitannya kuat!
Gambar: Percobaan Getaran

2. Pegang ujung mistar yang berada di meja dengan tanganmu!

3. Catat kedudukan ujung mistar yang bebas pada waktu diam (setimbang) sebagai titik O. Tarik ujung mistar yang bebas ke atas (catat kedudukan ini sebagai titik A), kemudian lepaskan! Amati gerakan mistar!

4. Buatlah kesimpulan dari kegiatan di atas!

Kesimpulan:

Berdasarkan percobaan di atas dapat kita amati bahwa ujung mistar yang digetarkan dari titik A akan bergerak ke bawah sampai ke titik B, kemudian kembali ke A dengan selalu melewati titik O, demikian seterusnya.
Gerakan bolak-balik melalui titik setimbangnya dinamakan getaran. Dengan demikian, dapat kita simpulkan bahwa ujung mistar tersebut melakukan getaran.
Dalam konsep getaran dikenal beberapa besaran penting, yaitu simpangan, amplitudo, frekuensi, dan periode.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Pengertian Getaran dan Contohnya"

Post a Comment