Pengertian Pesawat Sederhana Roda Giri (Roda Berporos) dan Rumusnya

Berikut ini merupakan pembahasan tentang salah satu jenis pesawat sederhana yaitu roda dan poros yang mana pembahasan ini meliputi roda giri lurus, roda berporos, gambar roda giri, pengertian roda giri, fungsi pinion gear, fungsi ring gear, fungsi roda giri, poros penggerak roda, pengertian poros, contoh soal roda giri.

Pengertian Pesawat Sederhana Roda Berporos

Sepeda merupakan contoh alat yang bekerja menggunakan prinsip roda dan poros. Fungsi roda dan poros adalah untuk memungkinkan manusia bergerak lebih cepat.

Contoh benda yang bergerak dengan menggunakan prinsip roda dan poros antara lain motor, mobil, kursi roda, dan sepatu roda.
Roda dan poros merupakan pesawat sederhana yang terdiri atas sebuah roda berputar yang dihubungkan dengan sebuah poros yang dapat berputar bersama-sama. 
Roda dan Poros adalah pesawat sederhana yang mengandung dua roda dengan ukuran berbeda yang berputar bersamaan. Gaya kuasa biasanya dikerahkan kepada roda yang besar, atau roda. Roda yang lebih kecil, yang disebut poros, mengerjakan gaya beban. (mafiaol.com)
Pengertian Pesawat Sederhana Roda Giri (Roda Berporos) dan Rumusnya
Gambar: Roda dan Poros

Pada zaman dahulu roda kereta harus diberi minyak setiap hari. Hal ini dilakukan sampai ada penemuan poros yang mengandung minyak pada tahun 1787.
Roda dan poros merupakan pesawat sederhana yang berfungsi memperbesar kecepatan dan gaya.

Rumus Roda Berporos

Keuntungan mekanis yang diperoleh dari roda dan poros dapat dihitung dengan menggunakan persamaan berikut.

Pengertian Pesawat Sederhana Roda Giri (Roda Berporos) dan Rumusnya

Kecepatan yang dihasilkan oleh sepeda diperoleh dari perbandingan antara jari-jari roda dan jari-jari poros (gir). Misalnya, pada sepeda balap.

Jika gir belakang disetel pada jari-jari terkecil maka sepeda akan melaju dengan kencang. Jika gir roda belakang disetel pada jari-jari yang besar maka laju sepeda balap akan melambat. Jelas, bukan?

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Pengertian Pesawat Sederhana Roda Giri (Roda Berporos) dan Rumusnya"

Post a Comment