Cara Mengukur Kedalaman Laut

Berikut ini merupakan pembahasan tentang bagaimana cara mengukur kedalaman laut, alat untuk mengukur kedalaman laut, menghitung kedalaman laut, dan bunyi merambat paling cepat melalui?

Cepat Rambat Bunyi pada Beberapa Medium

Sebelumnya telah disebutkan bahwa bunyi dapat merambat pada zat padat, cair, dan gas (udara). Cepat rambat bunyi pada berbagai medium besarnya berbeda-beda. Tabel berikut menampilkan cepat rambat bunyi pada beberapa medium.
Tabel: Cepat Rambat Bunyi berbagai Medium

Cara Mengukur Kedalaman Laut

Rumus Cepat Rambat Bunyi:

Dengan menggunakan persamaan di atas dan sifat perambatan gelombang pada zat cair, manusia memanfaatkan gema yang dipantulkan oleh dasar laut untuk mengukur kedalaman laut dengan menggunakan sistem sonar. 
Gambar: Cara Mengukur Kedalaman Laut

Alat untuk mengukur kedalaman laut

Sonar merupakan alat untuk mendeteksi sesuatu di dalam air dengan menggunakan gelombang bunyi. Mesin sonar mengeluarkan bunyi blip ke dalam air.

Ketika bunyi ini mengenai suatu benda di dalam air, bunyi tersebut akan dipantulkan kembali dalam bentuk gema. Sonar dapat digunakan untuk mencari bangkai kapal yang karam.

Perhatikan contoh soal berikut!

Contoh Soal

Sebuah kapal mengeluarkan gelombang bunyi ke dasar laut. Selang 0,05 sekon kemudian bunyi pantulan dari dasar laut diterima oleh kapal. Jika cepat rambat bunyi di air laut 1.440 m/s, berapa kedalaman laut tersebut?

Penyelesaian:

Diketahui:
t = 0,05 sekon
v = 1.440 m/s

Ditanyakan: s = . . . ?

Jawab:

s = 35 m
Jadi, kedalaman laut tersebut adalah 35 m.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Cara Mengukur Kedalaman Laut"

Post a Comment