Cara Mengukur Menggukanan Mistar, Jangka Sorong dan Mikrometer Sekrup beserta Cara Membacanya

Berikut ini merupakan pembahasan tentang pengukuran panjang yaitu cara membaca jangka sorong, cara menggunakan jangka sorong, cara menghitung jangka sorong, cara membaca mikrometer sekrup, cara mengukur jangka sorong, alat ukur jangka sorong, ketelitian jangka sorong, cara mengukur dengan jangka sorong, cara menghitung mikrometer sekrup, cara menggunakan mikrometer sekrup, alat ukur mistar/penggaris, cara membaca alat ukur jangka sorong.

Pengukuran panjang

Contoh alat yang digunakan untuk mengukur besaran panjang adalah penggaris, jangka sorong, dan mikrometer sekrup. Pemilihan alat untuk mengukur panjang suatu benda disesuaikan dengan tingkat ketelitian yang diperlukan.

a. Pengukuran panjang benda dengan penggaris

Penggaris atau mistar mempunyai ketelitian hingga 0,5 cm. 
Penggaris dalam kehidupan sehari-hari banyak jenisnya. Bahan-bahan untuk membuat penggaris, seperti plastik, mika, kain, kayu, dan logam.

Pengukuran yang kamu lakukan harus benar. Pengukuran panjang yang benar adalah skala 0 pada penggaris berimpit dengan ujung benda yang akan diukur panjangnya.
Gambar: Cara Mengukur Menggukan Penggaris

b. Pengukuran panjang benda dengan jangka sorong

Pernahkah kamu mengamati seorang tukang drat yang sedang bekerja mengganti sebuah mur-baut yang telah rusak? Alat apakah yang digunakannya untuk mengetahui ukuran diameter mur-baut yang hendak dibuatnya itu?

Jangka sorong digunakan untuk mengukur diameter bagian luar atau diameter bagian dalam sebuah benda termasuk kedalaman sebuah lubang.
Jangka sorong memiliki ketelitian hingga 0,1 mm.
Selain digunakan oleh tukang drat, jangka sorong juga digunakan oleh tukang kunci duplikat agar kunci yang dibuatnya dapat tepat sama seperti aslinya. Kamu juga dapat menggunakan jangka sorong untuk mengetahui garis tengah pensilmu.

Cara Mengukur Menggunakan Jangka Sorong

Cara membaca hasil pengukuran dengan jangka sorong adalah sebagai berikut.
Gambar: Cara Mengukur Menggunakan Jangka Sorong

1. Jepit benda yang akan diukur dengan rahang jangka sorong. Perhatikan gambar berikut ini.

2. Lihat angka pada skala utama. Pada gambar terlihat nilainya 3,1 cm.

3. Lihat garis pada skala nonius yang segaris lurus dengan garis pada skala utama. Pada gambar terlihat nilainya 0,06 cm.

4. Jadi, diameter benda itu adalah

3,1 cm + 0,06 mm = 3,16 cm.

c. Pengukuran panjang benda dengan mikrometer sekrup

Mikrometer sekrup digunakan untuk mengukur benda-benda yang berukuran tipis atau yang berbentuk pelat.
Mikrometer sekrup memiliki ketelitian 0,01 mm.
Dalam kehidupan sehari-hari, mikrometer sekrup digunakan tukang servis kulkas dan pompa air untuk mengukur diameter kawat tembaga yang akan digunakan untuk mengganti kumparan kawat yang telah rusak.

Cara Mengukur Menggunakan Mikrometer Sekrup

Cara membaca hasil pengukuran dengan mikrometer sekrup.

1. Benda yang akan diukur dijepit pada rahang mikrometer sekrup. Amati gambar berikut ini.
Gambar: Cara Mengukur Menggunakan Mikrometer Sekrup

2. Lihat angka pada skala utama. Pada gambar terlihat nilainya 8,5 mm.

3. Lihat angka pada skala putar yang membentuk garis lurus dengan sumbu skala utama. Pada gambar terlihat nilainya 0,395 mm.

4. Jadi, tebal benda yang diukur = 8,5 mm + 0,395 mm = 8,895 mm.

Demikian pembahasan tentang pengukuran panjang yaitu cara membaca jangka sorong, cara menggunakan jangka sorong, cara menghitung jangka sorong, cara membaca mikrometer sekrup, cara mengukur jangka sorong, alat ukur jangka sorong, ketelitian jangka sorong, cara mengukur dengan jangka sorong, cara menghitung mikrometer sekrup, cara menggunakan mikrometer sekrup, alat ukur mistar/penggaris, cara membaca alat ukur jangka sorong.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Cara Mengukur Menggukanan Mistar, Jangka Sorong dan Mikrometer Sekrup beserta Cara Membacanya"

Post a Comment