Pengertian Besaran Pokok dan 7 Macam Contoh Besara Pokok

Berikut ini adalah pembahasan tentang pengertian besaran pokok, macam macam besaran pokok, contoh besaran pokok, 7 besaran pokok, alat ukur besaran pokok, tabel besaran pokok.

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak besaran lain selain yang telah kamu kenal pada pembahasan di atas. Dapatkah kamu menyebutkannya?

Besaran ada yang termasuk dalam besaran pokok dan ada juga yang termasuk dalam besaran turunan.

Pengertian Besaran pokok

Besaran pokok adalah besaran yang satuannya telah didefinisikan tersendiri. 
Besaran-besaran tersebut ditetapkan oleh Lembaga Berat dan Ukuran Internasional berdasarkan perjanjian internasional. Lembaga Berat dan Ukuran Internasional didirikan pada tahun 1875 di dekat Paris, Prancis.

Badan tersebut mengadakan konferensi pertama pada tahun 1889 dan konferensi ke-14 diadakan pada tahun 1971. Berdasarkan hasil konferensi umum tentang Berat dan Ukuran ke-14 pada tahun 1971, ditetapkan tujuh (7) besaran pokok sebagai dasar Sistem Satuan Internasional (SI).
Besaran pokok yang utama adalah panjang, massa, dan waktu. Kita mengenal singkatan sistem MKS yang menggunakan satuan meter, kilogram, dan sekon, sedangkan sistem cgs yang menggunakan satuan centimeter, gram, dan sekon.
Tabel: 7 Besaran Pokok

Satuan-satuan besaran pokok yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari tampak pada Tabel di bawah ini. Akan tetapi, kadang-kadang satuan besaran pokok dinyatakan dalam ukuran yang lebih kecil atau lebih besar.

Untuk keperluan ini, biasanya satuan suatu besaran dinyatakan dengan menggunakan sistem awalan. Awalan-awalan yang sering digunakan dalam penulisan satuan besaran antara lain seperti yang tampak pada Tabel berikut ini.
Tabel: Awalan Satuan Internasional
Syarat Satuan dalam SI harus memenuhi beberapa syarat, yaitu nilainya tetap, berlaku secara internasional, mudah ditiru dan diperbanyak, dan mudah diubah (dikonversi) ke satuan yang lain.
Demikian pembahasan tentang pengertian besaran pokok dan 7 macam besaran pokok beserta penjelasannya lengkap.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Pengertian Besaran Pokok dan 7 Macam Contoh Besara Pokok"

Post a Comment