Pengertian Besaran, Satuan dan Pengukuran beserta Contohnya Lengkap

Berikut ini adalah pembahasan tentang pengertian besaran, pengertian satuan, pengertian pengukuran, contoh besaran, contoh satuan, contoh pengukuran, dilengkapi dengan penjelasannya masing-masing.

Pernahkah kamu naik dokar? Tentu kamu tahu bukan, dokar ditarik kuda. Kuda adalah hewan yang kuat tenaganya sehingga mampu membawa beban ratusan kilogram dan menempuh jarak puluhan kilometer. Kuda mampu berjalan selama dua jam tanpa henti dan dapat berlari dengan kecepatan hingga 20 km/jam.

Kecepatan, waktu, tenaga, dan jarak adalah besaran. Jam, kilometer, kilogram, dan km/jam dalam ilmu fisika disebut satuan. Adakah besaran dan satuan yang lain dalam fisika? Mari kita bahas dalam pembahasan berikut ini.

Pengertian Besaran, Satuan dan Pengukuran

Banyak kegiatan sehari-hari yang dilakukan dengan mengukur, menimbang, menghitung, dan membandingkan. Sebutkan kegiatan sehari-hari yang kamu lakukan dengan mengukur?

Pada setiap kegiatan itu pasti ada sesuatu yang akan diketahui ukurannya. Misalnya,

  1. mengukur panjang tali untuk mengetahui ukuran panjang tali itu,
  2. menimbang massa gula untuk mengetahui ukuran massa gula itu, dan
  3. menghitung telur itik di kandang untuk mengetahui banyak telur itik dalam kandang.

Panjang tali, massa gula, dan banyak telur disebut besaran. Ukuran dari besaran itu memerlukan satuan yang mengikutinya, seperti jengkal untuk panjang tali, kilogram untuk massa gula, dan butir untuk jumlah telur.
Besaran adalah suatu pernyataan yang dinyatakan dengan angka dan memiliki satuan. 
Disebut besaran vektor jika mempunyai nilai dan arah, misalnya kecepatan dan berat benda. Disebut besaran skalar jika hanya mempunyai nilai saja, misalnya massa benda.
Satuan adalah sesuatu yang digunakan untuk membandingkan ukuran suatu besaran.
Aktivitas manusia setiap hari selalu berkaitan dengan pengukuran, terutama pengukuran waktu. Misalnya, waktu yang kamu perlukan untuk menempuh jarak dari rumah ke sekolah adalah 25 menit.

Dapatkah kamu menyebutkan aktivitasmu sehari-hari yang berkaitan dengan waktu? Untuk mendapatkan data yang akurat, pengukuran harus dilakukan dengan benar. Apa yang dimaksud dengan mengukur?
Gambar: Jam Pasir

Pernahkah kamu mengukur panjang meja dengan menggunakan jengkal? Berbedakah hasilnya jika kamu menggunakan penggaris? Panjang meja merupakan besaran (besaran panjang), sedangkan jengkal dan cm merupakan satuan dari besaran panjang yang diukur.
Jadi, Pengukuran berarti membandingkan nilai besaran yang diukur dengan besaran sejenis yang digunakan sebagai satuan.
Bagaimana hasil pengukuran panjang meja dengan jengkalmu dibandingkan dengan jengkal temanmu? Mengapa demikian? Jengkalmu dan jengkal temanmu memiliki panjang yang berbeda.

Dengan demikian, pengukuran panjang dengan satuan jengkal menghasilkan data yang tidak sama. Oleh karena itu, jengkal disebut satuan tak baku. Adakah satuan-satuan tak baku yang lain?

Pada pengukuran panjang meja dengan satuan cm menghasilkan data yang sama besar. Oleh karena itu, cm disebut satuan baku.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Pengertian Besaran, Satuan dan Pengukuran beserta Contohnya Lengkap"

Post a Comment