Pengertian dan Macam-macam Alat Optik (Mata, Lup, Kamera, Mikroskop, Teropong dan Periskop)

Pengertian dan Macam-macam Alat Optik (Mata, Lup, Kamera, Mikroskop, Teropong dan Periskop) - Berikut ini merupakan pembahasan tentang alat optik yang meliputi macam macam alat optik, alat optik buatan, pengertian lup, pengertian kamera, pengertian mikroskop, pengertian teropong, pengertian alat optik.

Pengertian Alat Optik

Sebelumnya telah disebutkan bahwa mata manusia memiliki keterbatasan dan kelemahan. Oleh karena itu, manusia menciptakan berbagai alat optik untuk membantu mengatasi keterbatasan yang dimiliki oleh mata.
Alat optik adalah alat yang membantu manusia dalam mempermudah penglihatannya. Misalnya, lup, kamera, mikroskop, teropong, dan periskop.

Macam-macam Alat Optik

Berikut ini merupakan macam-macam jenis alat optik buatan dan non butan diantaranya;

1. Mata

Mata merupakan alat optik tercanggih yang dimiliki manusia. Mata merupakan bagian dari pancaindra yang berfungsi untuk melihat. Mata membantu kita menikmati keindahan alam, melihat teman-teman, mengamati benda-benda di sekeliling, dan masih banyak lagi yang dapat kita nikmati melalui mata. Coba bayangkan bila manusia tidak mempunyai mata atau mata kita buta, tentu dunia ini terlihat gelap gulita.

Adapun bagian-bagian mata adalah sebagai berikut; kornea, pupil, iris, aquaeus humour, otot akomodasi, lensa mata, retina, vitreous humour, bintik kuning, bintik buta, dan saraf mata. 

www.guruipa.com
Gambar: Bagian-Bagian Mata

2. Lup

Lup merupakan alat optik buatan yang paling sederhana karena hanya terdiri atas satu buah lensa cembung.
Lup adalah alat optik yang digunakan untuk melihat benda-benda kecil agar terlihat lebih besar sehingga mudah diamati. 
Lup biasa digunakan oleh tukang reparasi jam. Syarat penggunaan lup adalah letak benda yang akan dilihat harus diletakkan antara titik fokus dan pusat optik lup.
Gambar: Lup (Kaca Pembesar)
Proses pembentukan bayangan pada lup sama dengan proses pembentukan bayangan pada lensa cembung. Perhatikan gambar di bawah ini!
Gambar: Pembentukan Bayangan pada Lup
Dari gambar tersebut dapat diketahui bahwa bayangan benda terbentuk dari perpotongan perpanjangan garis sinar-sinar istimewa. Dengan demikian, bayangan yang terbentuk oleh lup bersifat maya, tegak, dan diperbesar.

3. Kamera

Kamera merupakan alat optik yang sering kita gunakan untuk mengabadikan berbagai peristiwa dalam kehidupan. 
Pada dasarnya kamera memiliki prinsip kerja yang sama dengan mata. Kamera terdiri atas beberapa bagian. Perhatikan gambar di bawah!
Gambar: Bagian-bagian Kamera
1. Lensa positif, yaitu bagian dari kamera yang berfungsi untuk menempatkan bayangan agar jatuh di pelat film.
2. Diafragma, yaitu bagian yang berfungsi untuk mengatur banyak sedikitnya cahaya yang yang diterima oleh film.
3. Layar shutter, yaitu alat yang berfungsi untuk menutup jalannya cahaya menuju ke film.

Bayangan yang terbentuk pada kamera bersifat nyata, terbalik, dan diperkecil. Bayangan tersebut akan terekam dalam pelat film.

4. Mikroskop

Mikroskop adalah alat optik yang berfungsi untuk melihat benda-benda renik, seperti bakteri dan amoeba, agar tampak lebih besar. 
Mikroskop sederhana terdiri atas dua buah lensa cembung yang disebut lensa okuler dan lensa objektif. Lensa okuler merupakan lensa yang digunakan mata untuk melihat dan berfungsi sebagai lup, sedangkan lensa objektif merupakan lensa yang dekat dengan objek yang diamati.
Gambar: Bagian-bagian Mikroskop
Hal penting yang perlu diperhatikan dalam menggunakan mikroskop adalah sebagai berikut.

a. Benda harus terletak antara fob hingga 2 fob.
b. Bayangan lensa objektif merupakan benda bagi lensa okuler.

Oleh karena itu, bayangan lensa objektif harus terletak di antara fokus okuler dan pusat optik okuler.
Gambar: Pembentukan Bayangan Pada Mikroskop

5. Teropong

Teropong adalah alat optik yang digunakan untuk mengamati benda-benda yang letaknya jauh agar tampak lebih dekat dan lebih jelas. 
Teropong juga sering disebut teleskop. Teleskop pertama kali ditemukan oleh Galileo Galilei. Teropong ada dua macam, yaitu teropong bintang dan teropong bumi.
Gambar: Teropong Bumi dan Teropong Bintang
Teropong bintang digunakan untuk mengamati benda-benda angkasa, sedangkan teropong bumi digunakan untuk mengamati benda-benda di bumi yang letaknya jauh dari pengamat.

a. Teropong bintang


Teropong bintang sederhana terdiri atas dua buah lensa cembung yang berfungsi sebagai lensa objektif dan lensa okuler. Pengamatan benda-benda angkasa dengan menggunakan teropong bintang dilakukan dengan mata tidak berakomodasi. Perhatikan gambar berikut!

Gambar: Pembentukan Bayangan pada Teropong Bumi
Bayangan yang terbentuk pada teropong bintang bersifat nyata, terbalik, dan diperkecil. Perbesaran pada teropong bintang dapat ditentukan dengan menggunakan persamaan berikut.
M = fob : fok
Sedangkan panjang teropong bintang dapat dicari dengan rumus:
d = fob + fok
b. Teropong Bumi


Teropong bumi sering disebut sebagai teropong yojana atau teropong medan. Teropong bumi terdiri atas tiga buah lensa cembung, yaitu lensa objektif, lensa okuler, dan lensa pembalik.


Perhatikan proses pembentukan bayangan pada teropong bumi berikut ini!
Gambar: Pembentukan Bayangan pada Teropong Bumi
Bayangan yang terbentuk pada teropong bumi bersifat nyata, tegak, dan diperkecil. Bayangan benda pada teropong bumi bersifat tegak karena adanya lensa pembalik yang berfungsi membalik bayangan dari lensa objektif. Panjang teropong bumi dapat dihitung dengan menggunakan rumus berikut.
d = fob + 4 fp + fok
Keterangan:
d  : panjang teropong (m)
fob : fokus lensa objektif (m)
fp  : fokus lensa pembalik (m)
fok : fokus lensa okuler (m)

6. Periskop

Periskop merupakan teropong yang digunakan pada kapal selam.
Periskop berfungsi untuk melihat permukaan laut tanpa memunculkan badan kapal selam. Perhatikan gambar di bawah ini!
Gambar: Periskop
Sebuah periskop terdiri atas dua buah lensa cembung sebagai lensa objektif dan lensa okuler serta dua buah prisma siku-siku sama kaki. Ketika seberkas cahaya mengenai lensa objektif, cahaya tersebut akan diteruskan menuju prisma siku-siku pertama.

Prisma siku-siku pertama akan memantulkan berkas cahaya tersebut menuju ke prisma siku-siku kedua. Berkas cahaya yang menembus prisma siku-siku kedua akan diteruskan ke lensa okuler.

7. Proyektor Slide

Proyektor slide adalah alat yang digunakan untuk memproyeksikan gambar diapositif sehingga diperoleh bayangan nyata dan diperbesar pada layar. Bagian-bagian yang penting pada proyektor slide, antara lain lampu kecil yang memancarkan sinar kuat melalui pusat kaca, cermin cekung yang berfungsi sebagai reflektor cahaya, lensa cembung untuk membentuk bayangan pada layar, dan slide atau gambar diapositif.
www.guruipa.com
Gambar: LCD Proyektor

8. Oftalmoskop

Alat ini dipakai untuk memeriksa retina mata. pada gambar melukiskan bagian-bagian penting dari optalmoskup. berkas cahaya yang datang dari sumber cahaya S yang terletak pada fokus lensa L1 dibiaskan sejajar ke cermin C. dari cermin C sinar dpantulkan ke amta. selanjutnya dokter dapat mengamati retina melalui lubang ditengah-tengah cermin C dan lensa L2 bertindak sebagai lup.
www.guruipa.com
Gambar: Oftalmoskop
Demikian Pengertian dan Macam-macam Alat Optik. Semoga bermanfaat


Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Pengertian dan Macam-macam Alat Optik (Mata, Lup, Kamera, Mikroskop, Teropong dan Periskop)"

Post a Comment