Pengertian Pemantulan Cahaya dan Macam-macamnya (Baur dan Teratur)

Berikut ini merupakan pembahasan tentang pengertian pemantulan cahaya, pengertian pemantulan baur, pengertian pemantulan teratur, macam macam pemantulan cahaya.

Pemantulan Cahaya

Sifat gelombang cahaya yang paling sering kita temui adalah pemantulan cahaya. Bayangan orang yang bercermin akan tampak karena cermin memantulkan cahaya yang mengenainya.
Pemantulan cahaya adalah adalah perubahan arah rambat cahaya ke arah sisi (medium) asalnya, setelah menumbuk antarmuka dua medium. (Wikipedia)

Macam-macam Pemantulan Cahaya

Pemantulan cahaya ada dua macam, yaitu pemantulan teratur dan pemantulan baur. Perhatikan gambar di bawah!
Gambar: (a) Pemantulan teratur dan (b) pemantulan baur

1. Pemantulan Baur

Pemantulan baur terjadi pada permukaan pantul yang tidak rata, misalnya dinding dan kayu. Ketika cahaya mengenai permukaan pantul yang tidak rata maka cahaya tersebut dipantulkan dengan arah yang tidak beraturan. 
Pemantulan baur dapat mendatangkan keuntungan sebagai berikut.

1. Tempat yang tidak terkena cahaya secara langsung masih terlihat terang.

2. Berkas cahaya pantulnya tidak menyilaukan.

2. Pemantulan Teratur

Pemantulan teratur terjadi pada permukaan pantul yang mendatar atau rata. Ketika seberkas cahaya mengenai permukaan pantul yang rata, seluruh cahaya yang datang akan dipantulkan dengan arah yang teratur. 
Pemantulan teratur bersifat menyilaukan, namun ukuran bayangan yang terbentuk sesuai dengan ukuran benda. Pemantulan teratur biasa terjadi pada cermin.

Cermin merupakan alat yang dapat memantulkan hampir seluruh cahaya yang mengenainya. Cermin ada tiga macam, yaitu cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Pengertian Pemantulan Cahaya dan Macam-macamnya (Baur dan Teratur)"

Post a Comment