Pengertian serta Satuan Panjang, Massa dan Waktu Menurut SI (Sistem Internasional)

Berikut ini adalah pembahasan tentang besaran panjang, besaran massa, besaran waktu, satuan panjang, satuan massa, satuan waktu.

Syarat Satuan dalam SI harus memenuhi beberapa syarat, yaitu nilainya tetap, berlaku secara internasional, mudah ditiru dan diperbanyak, dan mudah diubah (dikonversi) ke satuan yang lain.

Macam-macam Contoh Besaran Pokok Utama

Sebagaimana telah disebutkan bahwa besaran pokok utama adalah terdiri dari panjang, masa dan waktu, berikut penjelasannya;

a. Besaran panjang

Satuan besaran panjang dalam SI dinyatakan dalam meter (m). Untuk keperluan pengukuran, alat ukur besaran panjang ditetapkan.
Satu meter standar semula didefinisikan sebagai jarak antara dua garis yang diguratkan pada batang platina-iridium pada suhu 0oC. Penetapan ini berdasar 1:40.000.000 keliling bumi.
Meter standar yang didasarkan pada guratan batang platina iridium ini mudah rusak dan tidak mudah diperoleh kembali sehingga memiliki kelemahan.
Oleh karena itu, didefinisikan kembali satu meter standar yang lebih teliti dan dapat dibuat di mana-mana, yaitu sama dengan 1.650.763,73 kali panjang gelombang cahaya Isotop Krypton86. 
Meter standar yang terbaru (1983) menyatakan bahwa satu meter standar adalah panjang jalur yang dilalui cahaya dalam ruang hampa udara dalam selang waktu 1: 299.792.458 sekon.
Gambar: Meter Standar

Alat ukur yang digunakan untuk mengukur besaran panjang di antaranya penggaris, jangka sorong, dan mikrometer sekrup.
Gambar: Macam-macam Alat Ukur Panjang

b. Besaran massa

Satuan besaran massa dalam SI adalah kilogram
Pada mulanya, satu kilogram didefinisikan sebagai massa silinder platina-iridium yang disimpan di Sevres, Prancis. 
Untuk mendapatkan ketelitian lebih tinggi, kilogram standar menggunakan air murni.
Satu kilogram standar didefinisikan sebagai massa satu Liter air murni pada suhu 4oC.
Gambar: Kilogram Standar

Dalam kehidupan sehari-hari, kamu sering mendengar satuan kilogram untuk menyatakan berat, misalnya “Ibu membeli beras dengan berat 25 kilogram”.

Pernyataan tersebut salah karena satuan kilogram menyatakan besaran massa dan bukan untuk besaran berat. Satuan berat adalah Newton.

Untuk mengukur massa suatu benda digunakan neraca. Neraca dalam kehidupan sehari-hari banyak macamnya, misalnya neraca pasar, neraca dacin, neraca duduk, dan neraca batang (O’hauss) yang biasa digunakan di laboratorium dan timbangan surat.
Gambar: Contoh Alat Ukur Massa

c. Besaran waktu

Satuan waktu dalam SI adalah detik atau sekon
Satu detik adalah 1:86.400 kali satu hari rata-rata. Satu hari rata-rata sama dengan 24 jam = 24 x 60 x 60 = 86.400 detik. 
Karena satu hari matahari tidak selalu tetap dari waktu ke waktu maka pada tahun 1956 ditetapkan definisi baru, yaitu satu detik adalah 1: 315.556.925,9747 waktu yang diperlukan bumi untuk mengelilingi matahari satu kali pada tahun 1900. 
Pada 1967 dibuat definisi baru, yaitu satu detik adalah waktu yang diperlukan atom caesium-33 untuk bergetar 9.192.631.770 kali.
Satuan-satuan lain yang digunakan secara umum adalah menit, jam, dan hari. Alat ukur besaran waktu adalah arloji dan stopwatch.
Gambar: Contoh Alat Ukur Waktu

Demikian pembahasan tentang Pengertian serta Satuan Panjang, Massa dan Waktu Menurut SI (Sistem Internasional) dilengkapi dengan contoh dan gambarnya masing-masing.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Pengertian serta Satuan Panjang, Massa dan Waktu Menurut SI (Sistem Internasional)"

Post a Comment