Alat Ukur Waktu Stopwatch dan Penemu Arloji

Berikut ini merupakan pembahasan tentang macam macam alat untuk mengukur waktu diantaranya arloji, stopwatch dan lain-lain.

Pengukuran waktu

Setiap hari kamu mengikuti pelajaran di sekolah. Berapa menit lama waktu setiap jam pelajaran di sekolahmu? Dengan alat apa petugas sekolah menetapkan waktu untuk setiap jam pelajaran di sekolahmu?

Alat ukur waktu yang biasa digunakan adalah arloji. Ada beberapa kegiatan tertentu yang memerlukan alat ukur waktu yang lebih teliti, misalnya pada kegiatan lomba lari. Alat ukur waktu yang memiliki ketelitian yang lebih tinggi adalah stopwatch.
Stopwatch memiliki ketelitian lebih tinggi dibanding arloji. Stopwatch memiliki dua jarum, yaitu jarum panjang dan jarum pendek.
Jarum panjang yang terdapat pada lingkaran besar menunjukkan waktu sekon. Lingkaran besar ini terbagi dalam 60 skala. Setiap jarum panjang berputar sekali, jarum pendek bergeser satu skala yang menunjukkan terjadi perubahan waktu selama satu menit.
Gambar: Pembacaan Arloji (Jam)
Gambar: Pembacaan Stopwatch

Penemu Arloji: Christian Huygens

Pada tanggal 14 April 1629, Christian Huygens lahir di Hague, Belanda. Ayahnya, Constantin Huygens adalah seorang sarjana fisika dan diplomat.

Pada tahun 1645 hingga 1647, Christian Huygens belajar hukum dan matematika di Universitas Leiden.

Tahun 1656, ia mematenkan pendulum arloji penemuannya yang mampu meningkatkan keakuratan pengukuran waktu. Tanggal 8 Juli 1695, Cristian Huygens meninggal dunia di tempat kelahirannya.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Alat Ukur Waktu Stopwatch dan Penemu Arloji"

Post a Comment