Cara Membuat Termometer Zat Cair Sederhana beserta Cara dan Prinsip Kerjanya

Berikut ini adalah pembahasan tentang cara membuat termometer, cara membuat termometer zat cair, cara membuat termometer sederhana, prinsip kerja termometer zat cair, cara membuat termometer digital sederhana, bagaimana prinsip kerja termometer zat cair, cara kerja termometer zat cair.

Cara Membuat termometer zat cair

Termometer zat cair pertama kali dibuat oleh seorang fisikawan Jerman yang bernama Gabriel D. Fahrenheit (1686 – 1736).

Termometer Fahrenheit menggunakan suhu campuran es dan garam sebagai titik tetap bawah yang ditentukan memiliki suhu 0o, sedangkan titik tetap atasnya disebut secara sembarang bersuhu 96o menggunakan suhu manusia sehat.

Akan tetapi, selanjutnya akan terbukti bahwa dua titik tetapnya ini ternyata memang tidak memenuhi syarat dua patokan yang tetap, meskipun suhu manusia sehat ternyata tidak tetap. Begitu juga suhu es yang di campur garam.

Seorang ilmuwan Swedia bernama Anders Celsius (1701 – 1744) menggunakan dua titik tetap untuk menentukan skala termometer.

Celcius menggunakan suhu es yang sedang mencair pada tekanan 76 cmHg sebagai titik tetap bawah, sedangkan titik tetap atasnya menggunakan suhu air yang sedang mendidih pada tekanan udara 76 cmHg.

Es yang sedang mencair ditentukan mempunyai suhu 0o, air yang sedang mendidih ditentukan mempunyai suhu 100o. Metode yang digunakan Celcius ini memenuhi dua syarat yang telah ditentukan, yaitu bersifat tetap dan mudah diadakan kembali, yaitu kapan saja dan di mana saja.

Cara membuat termometer zat cair adalah sebagai berikut.

Mula-mula pipa calon termometer diisi raksa atau alkohol, tetapi tidak penuh. Kemudian, tabung yang ada di bagian bawah pipa dipanaskan atau dicelupkan ke cairan panas sehingga raksa atau alkohol dalam tabung naik ke pipa.

Setelah raksa atau alkohol memenuhi seluruh pipa, bagian atas pipa ditutup rapat. Akibatnya, setelah suhu kembali ke keadaan biasa, raksa atau alkohol dalam pipa turun dan di atas zat cair itu terdapat ruang kosong (biasanya berisi uap raksa atau uap alkohol). Sekarang, termometer dapat digunakan.
Cara Membuat Termometer Zat Cair Sederhana beserta Cara dan Prinsip Kerjanya
Gambar: Cara Membuat Termometer

Cara membuat skala termometer atau mengkalibrasikan skala termometer adalah sebagai berikut.

Mula-mula ditetapkan titik tetap teratas dan titik tetap terbawah. Biasanya, titik tetap terbawah adalah suhu es yang sedang melebur dan titik tetap teratas adalah suhu air murni yang sedang mendidih pada tekanan 1 atmosfer.

Bejana termometer dicelupkan ke dalam air murni yang sedang mendidih pada tekanan 1 atmosfer, raksa dalam pipa akan naik sampai batas tertentu. Batas ini merupakan titik tetap teratas.

Kemudian, bejana termometer dicelupkan ke dalam es yang sedang melebur. Raksa dalam pipa menyusut dan bergerak turun sampai batas tertentu. Batas ini merupakan titik terbawah.

Titik terbawah oleh Celcius diberi angka 0o, oleh Reamur juga diberi angka 0o, tetapi oleh Fahrenheit diberi angka 32o. Titik tetap teratas oleh Celcius diberi angka 100o, oleh Reamur diberi angka 80o, sedangkan oleh Fahrenheit diberi angka 212o.

Angka 0o skala Fahrenheit ditetapkan pada suhu campuran es dengan garam. Antara kedua titik tetap tersebut oleh Celcius dibagi menjadi

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Cara Membuat Termometer Zat Cair Sederhana beserta Cara dan Prinsip Kerjanya"

Post a Comment