Cara Menentukan Rumus Konversi Suhu Pada Termometer beserta Contoh Soalnya

Kita sering mendengan istilah 1 derajat celcius berapa fahrenheit, 1 fahrenheit berapa celcius, dan 1 celcius berapa fahrenheit, itu semua merupakan pembahasan tentang konversi skala termometer.

Pada pembahasan kali ini akan dibahas tentang bagaimana cara menentukan konversi suhu pada termometer, rumus konversi suhu, contoh soal konversi suhu, rumus perubahan suhu.

Cara Menentukan Korversi Suhu

Titik terbawah oleh Celcius diberi angka 0o, oleh Reamur juga diberi angka 0o, tetapi oleh Fahrenheit diberi angka 32o. Titik tetap teratas oleh Celcius diberi angka 100o, oleh Reamur diberi angka 80o, sedangkan oleh Fahrenheit diberi angka 212o.

Angka 0o skala Fahrenheit ditetapkan pada suhu campuran es dengan garam. Antara kedua titik tetap tersebut oleh Celcius dibagi menjadi 100 bagian, oleh Reamur dibagi menjadi 80 bagian, dan oleh Fahrenheit dibagi menjadi 180 bagian.

Jadi, 100 bagian skala Celcius = 80 bagian skala Reamur = 180 bagian skala Fahrenheit (+ 32) = 100 bagian skala Kelvin (+ 273) atau 5 bagian Celcius = 4 bagian Reamur = 9 bagian Fahrenheit (+ 32) = 5 bagian Kelvin (+ 273).

Perbandingan skalanya sebagai berikut.
C : R : F : K = 5 : 4 : 9 (T + 32): 5 ( T + 273)
Dalam SI, skala Kelvin yang digunakan untuk menetapkan suhu es melebur adalah 273, sedangkan suhu air mendidih adalah 373 sehingga perbandingan skalanya sama seperti skala Celcius. Oleh karena itu, toC = T K dengan T = t + 273 (skala Kelvin tidak menggunakan simbol derajat).

Skala Kelvin didasarkan pada suatu zat yang didinginkan terusmenerus sampai pada suatu saat molekul-molekul zat itu hampir tidak bergerak. Suhu itu disebut suhu nol mutlak atau suhu nol Kelvin yang nilainya sama dengan -273oC.

Rumus Konversi Suhu Termometer

Untuk mengubah suatu skala ke skala termometer lainnya dapat digunakan persamaan berikut.
Cara Menentukan Rumus Konversi Suhu Pada Termometer beserta Contoh Soalnya
Rumus Konversi Suhu Termometer

Contoh Soal Konversi Suhu

Cara Menentukan Rumus Konversi Suhu Pada Termometer beserta Contoh Soalnya

Cara Menentukan Rumus Konversi Suhu Pada Termometer beserta Contoh Soalnya

Demikian pembahasan tentang bagaimana cara menentukan konversi suhu pada termometer, rumus konversi suhu, contoh soal konversi suhu, rumus perubahan suhu.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Cara Menentukan Rumus Konversi Suhu Pada Termometer beserta Contoh Soalnya"

Post a Comment