Definisi atau Pengertiah pH Asam Basa (Derajat Keasaman)

Berikut ini adalah pembahasan tentang pengertian ph, tingkat keasaman, tingkat kebasaan, pengertian tingkat keasaman, ph asam, ph basa, derajat keasaman, pengertian ph meter, cara mengukur ph air, cara mengukur ph tanah, ph air minum, cara mengukur ph tanah dengan ph meter.

Derajat Keasaman dan Kebasaan

Asam dan basa jika dilarutkan akan melepaskan ion-ion. Asam akan melepaskan ion H+, sedangkan basa akan melepaskan ion OH-.

Makin banyak ion H+ yang dapat dilepaskan suatu asam berarti makin tinggi tingkat keasaman larutan atau derajat keasaman suatu larutan. Makin besar ion OH- yang dilepaskan, makin tinggi derajat kebasaan suatu larutan.
Besaran untuk menentukan derajat keasaman suatu larutan adalah pH. Besaran ini ditetapkan berdasarkan konsentrasi ion H+ dalam suatu larutan. Skala pH antara 0 sampai 14. 
Larutan yang bersifat asam mempunyai pH kurang dari 7, sedangkan yang bersifat basa mempunyai pH lebih dari 7. Bagaimana sifat larutan yang mempunyai pH = 7? .
Definisi atau Pengertiah pH Asam Basa (Derajat Keasaman)
Gambar: Derajat Keasaman (pH)

Semakin kecil nilai pH larutan maka makin tinggi derajat keasaman larutan. Itu berarti semakin kuat sifat asam karena larutan mengandung banyak ion H+.

Semakin besar nilai pH larutan maka semakin tinggi derajat kebasaan larutan. Itu berarti semakin kuat sifat basa. Tahukah kamu, mengapa sifat basanya semakin kuat?

Indikator Universal

Nilai pH dapat ditentukan dengan indikator universal. Indikator ini berlaku untuk seluruh dunia dan dijadikan standar internasional. Indikator universal tersedia dalam bentuk larutan dan bentuk kering.
Definisi atau Pengertiah pH Asam Basa (Derajat Keasaman)
Gambar: Indikator Universal

Selain sebagai penunjuk zat bersifat asam atau basa, indikator universal dapat menunjukkan tingkat keasaman dan kebasahan suatu zat. Alat ini mempunyai skala pH antara 0 sampai 14.

Di samping itu, alat ini mencantumkan hubungan warna, nilai pH, dan sifat asam–basa yang dapat dilihat pada tabel berikut ini.
Definisi atau Pengertiah pH Asam Basa (Derajat Keasaman)
Tabel: Hutbungan Antara Warna, Nilai pH, dan Sifat Asam-Basa.

pH-meter

Suatu zat yang nilai pH-nya besar berarti konsentrasi ion H+-nya sangat kecil dan konsentrasi ion OH--nya besar. Sebaliknya, suatu zat yang nilai pH-nya kecil berarti konsentrasi ion H+ dalam larutan itu besar, sedangkan konsentrasi ion OH--nya sangat kecil.
Definisi atau Pengertiah pH Asam Basa (Derajat Keasaman)
Gambar: pH-Meter

Alat untuk mengukur pH larutan adalah pH-meter. Alat ini mengukur konsentrasi ion H+ dalam larutan sehingga nilai pH dapat ditentukan secara tepat.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Definisi atau Pengertiah pH Asam Basa (Derajat Keasaman)"

Post a Comment