Pengertian Unsur, Lambang Unsur dan Macam-macam Unsur Kimia

Berikut ini adalah pembahasan tentang pengertian unsur, jumlah unsur, lambang unsur, cara penulisan lambang unsur, cara penamaan unsur, penggolongan unsur, macam macam unsur, jenis jenis unsur, sistem periodik unsur, tabel sistem periodik unsur.

Pengertian Unsur

Unsur merupakan zat yang tidak dapat dibagi lagi menjadi zat lain dengan cara kimia biasa. Jumlah unsur yang diketahui hingga kini ada 118 unsur, 92 berasal dari alam, sisanya merupakan unsur buatan karena dihasilkan dengan cara mengubah unsur yang sudah ada.
Unsur merupakan zat tunggal yang secara kimia tidak dapat diuraikan menjadi zat-zat lain.
Unsur buatan manusia yang pertama adalah teknesium, tahun 1937. Hidrogen dan helium merupakan unsur yang paling ringan, pertama kali terbentuk dari letupan besar (big bang).

Lambang unsur

Setiap orang pasti mempunyai nama, bukan? Bayangkan, bagaimana jika kamu tidak mempunyai nama? Wah, pasti temanmu akan kesulitan memanggilmu.

Begitu juga dengan unsur. Untuk memudahkan mempelajarinya, semua unsur diberi nama. Nama resmi unsur kimia ditentukan oleh International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC).

Unsur kimia juga diberi lambang unsur berdasarkan nama latinnya yang tidak harus dalam bahasa Inggris. Lambang unsur disepakati secara internasional, sedangkan nama unsur diterjemahkan ke dalam bahasa masing–masing. Contohnya, unsur sodium memiliki lambang Na dari bahasa latin natrium.

Cara Penulisan Lambang Unsur

Lambang unsur yang digunakan sekarang disusun oleh John Jacob Berzellius. Ia menuliskan satu huruf awal nama unsur dalam bahasa latin tersebut dengan huruf kapital.

Misalnya, unsur kalium diberi lambang K, unsur carbon diberi lambang C, unsur iodium diberi lambang I, dan uranium dengan lambang U.

Bagaimana jika beberapa unsur memiliki huruf awal yang sama? Jika beberapa unsur memiliki huruf awal sama maka diberi tambahan huruf kecil dibelakang huruf awal tersebut.

Contohnya, F untuk lambang fluor sehingga ferrum (besi) tidak mungkin hanya diberi lambang F, tetapi ditambahkan satu huruf yang diambil dari namanya tersebut, yaitu huruf e. Jadi, lambang ferrum adalah Fe.

Demikian juga halnya dengan unsur calsium. Oleh karena lambang C telah dugunakan oleh unsur carbon maka calsium diberi lambang dua huruf, yaitu Ca.
Pengertian Unsur, Lambang Unsur dan Macam-macam Unsur Kimia
Tabel: Contoh Nama dan Lambang Unsurnya

Macam-macam Penggolongan Unsur

Unsur dapat digolongkan dalam logam, nonlogam, dan semilogam.

a. Unsur Logam

Hampir seluruh unsur adalah logam. Di dalam kerak bumi, banyak ditemukan logam bercampur dengan unsur lain. Logam ini biasa disebut bijih. Hampir semua benda logam yang digunakan merupakan gabungan berbagai logam. Contoh, unsur logam besi, aluminium, tembaga, dan seng.

b. Unsur Nonlogam

Unsur-unsur nonlogam ada yang berwujud padat, cair, maupun gas. Karbon, oksigen, klorin, dan belerang merupakan unsur-unsur nonlogam. Pada umumnya, unsur nonlogam bersifat rapuh dan tidak dapat ditempa. Contoh, unsur belerang, iodin, klorin, dan oksigen.

c. Unsur Semilogam

Semilogam merupakan unsur yang menunjukkan sifat logam sekaligus nonlogam. Boron, silikon, germanium, arsenik, antimon, selenium, dan telurium adalah unsur metaloid. Silikon banyak dimanfaatkan sebagai komponen elektronika.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Pengertian Unsur, Lambang Unsur dan Macam-macam Unsur Kimia"

Post a Comment