Rumus Volume Balok, Kubus dan Tabung (Silinder) beserta Contoh Soalnya

Berikut ini adalah pembahasan tentang rumus volume balok, rumus volume silinder, rumus volume tabung, rumus volume kubus, contoh soal volume balok, contoh soal volume kubus, contoh soal volume tabung, contoh soal volume silinder.

Pengukuran volume benda

Coba kamu amati benda-benda yang ada di rumahmu. Ada yang bentuknya teratur, tetapi ada juga yang bentuknya tidak teratur, bukan?

Dalam pelajaran matematika, kamu sudah mengenal bangun geometri, misalnya balok, silinder, kubus, dan limas. Dapatkah kamu menentukan volume bangun-bangun ruang tersebut?

Volume benda-benda yang bentuknya teratur dapat ditentukan dengan rumus matematika. Mula-mula, panjang masing-masing bangun diukur dengan alat ukur panjang, kemudian volume dihitung dengan rumus yang sesuai.
Gambar: Balok ABCD.EFGH
Gambar: Tabung

Misalnya,
Volume Balok V = p x l x t
Volume Tabung (silinder) V = πr2t
Volume Kubus V = p x p x p

Contoh Soal

Sebuah balok memiliki panjang 6 cm, lebar 5 cm, dan tinggi 3 cm. Berapakah volume balok itu?

Pembahasan

Diketahui:
p = 6 cm = 0,06 m
l = 5 cm = 0,05 m
t = 3 cm = 0,03 m

Ditanya: V = ...?

Jawab:
V = p x l x t
   = 0,06 m x 0,05 m x 0,03
   = 0,000090 m3

Jadi, volume balok itu 9 x 10-5 m3.

Demikian pembahasan tentang tentang rumus volume balok, rumus volume silinder, rumus volume tabung, rumus volume kubus, contoh soal volume balok, contoh soal volume kubus, contoh soal volume tabung, contoh soal volume silinder.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Rumus Volume Balok, Kubus dan Tabung (Silinder) beserta Contoh Soalnya"

Post a Comment