Definisi atau Pengertian Anomali Air menurut Para Ahli dan Grafik Anomali Air

Coba kamu ingat definisi satuan massa dalam SI, yaitu 1 kilogram dinyatakan sebagai massa satu Liter air murni pada suhu 4oC. Mengapa ada syarat pada suhu 4oC?

Orang Eskimo di kutub utara masih dapat mencari ikan di musim dingin dengan cara membongkar lapisan es. Ternyata, di bawah lapisan es tersebut masih ada air sehingga ikan tetap dapat hidup. Apa yang menyebabkan hal ini?

Air yang didinginkan suhunya akan terus turun. Volumenya juga akan terus menyusut. Namun, ketika suhu air mencapai 4oC, jika air terus didinginkan, volumenya justru akan kembali membesar. Jika disusun dalam grafik akan tampak seperti gambar berikut.
Hubungan Volume Air terhadap Suhu
Grafik: Anomali Air (Hubungan Volume Air terhadap Suhu)

Tahukah kamu, mengapa es terapung? Itu adalah salah satu akibat adanya anomali sehingga massa jenis es lebih kecil dibandingkan dengan massa jenis air.

Di wilayah yang mengenal musim dingin, pembekuan danau justru terjadi di permukaan terlebih dahulu. Mengapa demikian? Di musim dingin, suhu udara dapat mencapai di bawah 0oC.
Anomali air adalah pengecualian (anomali) yang dialami air saat didinginkan atau dipanaskan.
Definisi anomali air adalah sifat kekecualian air. Pada umumnya, suatu zat akan memuai jika dipanaskan dan akan menyusut jika didinginkan, tetapi air mempunyai sifat khas. Jika air dipanaskan antara suhu nol derajat celcius, sampai empat derajat celcius, volumnya akan menyusut. Hal ini karena molekul H2O dalam bentuk padat (es) penuh dengan rongga, sedangkan dalam bentuk cair (air) lebih rapat. Dengan demikian, pada saat dipanaskan, molekul H2O (es) akan merapat lebih dahulu, akibatnya volumnya menyusut. Oleh karena itu, es juga terapung di air.
Pendinginan terjadi dari permukaan danau. Ketika suhu air mencapai 4oC, massa jenis air paling besar sehingga air akan turun dan digantikan oleh air dari dasar danau.

Sirkulasi air ini terus terjadi sampai seluruh air di danau mendingin. Meskipun semua air danau telah mencapai suhu 4oC, namun air di permukaan tetap turun suhunya. Pada saat suhunya turun dari 4oC sampai membeku, massa jenis air mengecil lagi.
Gambar: Gunung Es di Kutub

Oleh karena itu, air yang membeku ini tetap berada di permukaan. Akan tetapi, pada batas kedalaman tertentu, adanya tekanan permukaan justru tidak memungkinkan air membeku.

Jadi, meskipun permukaan air di danau membeku, di bagian bawah danau masih ada yang tetap cair. Hal ini memungkinkan orang memancing ikan di danau walaupun di musim dingin, seperti yang dilakukan oleh orang-orang Eskimo di daerah kutub.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Definisi atau Pengertian Anomali Air menurut Para Ahli dan Grafik Anomali Air"

Post a Comment