Pengertian dan Contoh Adhesi, Kohesi serta Meniskus Cembung dan Meniskus Cekung

Berikut ini merupakan pembahasan tentang adhesi dan kohesi yang meliputi pengertian adhesi, pengertian kohesi, pengertian meniskus, contoh adhesi, contoh kohesi.

Pengertian Adesi, Kohesi dan Meniskus

Molekul-molekul zat selalu bergerak. Gerakan molekul-molekul itu tergantung pada jenis zatnya. Karena antara molekul-molekul itu ada gaya tarik-menarik, zat memiliki volume dan bentuk.
Gaya tarik-menarik antara molekul sejenis disebut kohesi
Sifat fisik suatu zat dipengaruhi oleh kohesinya. Kohesi molekul-molekul besi lebih kuat daripada kohesi molekul-molekul kapur. Akibatnya, besi lebih sukar dipatahkan dibandingkan kapur.
Gaya tarik-menarik antara molekul-molekul yang tidak sejenis disebut adhesi
Misalnya, kapur melekat di papan tulis, cat menempel di tembok. Kohesi dan adhesi sangat berpengaruh pada bentuk persinggungan antara zat padat dengan zat cair.
Bentuk permukaan zat cair dalam sebuah tabung disebut meniskus
Bentuk meniskus zat cair dalam wadah ditentukan oleh adanya gaya kohesi dan adhesi.
Jika kohesi partikel zat cair lebih lemah daripada adhesi antara partikel zat cair dengan patikel zat padat maka permukaan zat cair akan meniskus cekung; zat cair akan membasahi tempatnya; jika tumpah, zat cair akan melebar ke seluruh permukaan zat padat. 
Hal ini terjadi pada air dalam gelas kaca dan minyak dalam kaleng.
Jika kohesi partikel zat cair lebih kuat daripada adhesi antara partikel zat cair dengan partikel zat padat maka permukaan zat cair akan meniskus cembung. 
Tetesan raksa di atas kaca berbentuk bulatan. Makin kecil tetesan raksa, bentuknya makin mirip bola. Seolah-olah ada kulit yang membungkus bola raksa tersebut sehingga ada tegangan di permukaannya.

Namun, perhatikan alkohol yang dituang dalam tabung yang terbuat dari perak. Meniskus alkohol dalam tabung perak ini akan berbentuk bidang rata karena gaya kohesi dan adhesi yang terjadi sama besar.

Pada zat cair dalam tabung akan terdapat bidang permukaan zat cair itu dan dinding tabung yang saling bersentuhan. Kedua bidang ini akan membentuk sudut yang disebut sudut kontak (θ). Karena membasahi dindingnya, sudut kontak air dengan dinding kaca < 90o.

Sudut kontak antara raksa dengan dinding kaca > 90o. Adakah sudut kontak yang besarnya = 90o? Apa contohnya?

Contoh Adhesi dan Kohesi dalam Kehidupan Sehari-hari

Mengapa air tidak membasahi daun talas?

Coba kamu perhatikan adhesi yang terjadi antara partikel-partikel air dengan partikel-partikel daun talas. Partikel air dan partikel daun talas adalah partikel-partikel yang tidak sejenis. Karena kohesi lebih kuat daripada adhesi, air tidak membasahi daun talas.
Pengertian dan Contoh Adhesi, Kohesi serta Meniskus Cembung dan Meniskus Cekung
Gambar: Contoh Adhesi dalam kehidupan sehari-hari

Contoh gaya adhesi yang lain, yaitu

a. gaya adhesi antarpartikel-partikel kain dengan pewarnanya,

b. gaya adhesi antara partikel-partikel kapur dengan partikel-partikel papan tulis,

c. gaya adhesi antara partikel-partikel kertas dengan partikelpartikel tinta,

d. gaya adhesi antara partikel-partikel kaca dengan dengan partikel air,

e. gaya adhesi antara partikel tembok dengan partikel-partikel cat.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Pengertian dan Contoh Adhesi, Kohesi serta Meniskus Cembung dan Meniskus Cekung"

Post a Comment