Pengertian dan Rumus Massa Jenis Relatif beserta Contohnya

Berikut ini adalah pembahasan tentang massa jenis relatif yang meliputi pengertian massa jenis relatif dan rumus massa jenis relatif dilengkapi dengan contohnya.

Pengertian Massa Jenis Relatif

Massa jenis berfungsi untuk menentukan zat. Setiap zat memiliki massa jenis yang berbeda. Dan satu zat berapapun massanya berapapun volumenya akan memiliki massa jenis yang sama.

Massa jenis air murni adalah 1 g/cm3 atau sama dengan 1000 kg/m3

Selain karena angkanya yang mudah diingat dan mudah dipakai untuk menghitung, maka massa jenis air dipakai perbandingan untuk rumus ke-2 menghitung massa jenis, atau yang dinamakan 'Massa Jenis Relatif'
Massa jenis relatif suatu zat adalah nilai perbandingan antara massa jenis bahan tersebut dengan massa jenis air. Istilah ini muncul setelah ada kesulitan dalam ketelitian mengukur volume.
Baca selengkapnya: Pengertian dan Rumus Massa Jenis Zat

Rumus Massa Jenis Relatif

Rumus massa jenis relatif = Massa bahan / Massa air yang volumenya sama
Pengertian dan Rumus Massa Jenis Relatif beserta Contohnya

Massa jenis air digunakan sebagai bilangan pembagi karena massa jenis air adalah bilangan yang mudah diingat, yaitu 1 g/cm3 atau 1.000 kg/m3.

Contoh Massa Jenis Relatif


  • massa jenis relatif besi

Pengertian dan Rumus Massa Jenis Relatif beserta Contohnya


  • massa jenis relatif suatu zat adalah 13,6. Artinya, zat itu memiliki massa jenis

= 13,6 × 1.000 kg/m3
= 13.600 kg/m3 atau 13,6 × 1 g/cm3
= 13,6 g/cm3.

Demikian pembahasan singkat tetang massa jenis relatif yang meliputi pengertian massa jenis relatif dan rumus massa jenis relatif.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Pengertian dan Rumus Massa Jenis Relatif beserta Contohnya"

Post a Comment