Pengertian, Satuan dan Rumus Cara Menghitung Massa Jenis Benda serta Contoh Soalnya

Berikut ini adalah pembahasan tentang Massa Jenis Zat (benda) yang meliputi pengertian massa jenis, rumus massa jenis, contoh soal massa jenis, cara menghitung massa jenis, rumus massa jenis benda, massa jenis zat cair, alat ukur massa jenis, satuan massa jenis, massa jenis minyak, massa jenis udara, rumus mencari massa jenis, rumus massa jenis zat cair.

Pengertian Zat (Benda)

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak dapat terlepas dari benda. Misalnya, air untuk mandi dan minum, udara untuk bernapas, dan pakaian untuk menutup badan.
Benda-benda itu merupakan zat, yaitu sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruangan (memiliki volume). 
Jika sesuatu itu tidak memenuhi syarat sebagai zat maka sesuatu itu bukan zat. Misalnya, nyala api, cahaya, dan panas. Zat dapat berwujud padat, cair, atau gas. Tiap zat mempunyai sifat berbeda.

Zat yang jenisnya sama akan mempunyai sifat yang sama. Misalnya, massa 5 Liter air murni di suatu tempat sama dengan massa 5 Liter air murni di tempat lain; emas murni 500 gram di suatu tempat volumenya sama dengan volume 500 gram emas murni di tempat lain.

Sebaliknya, massa 1 Liter air murni tidak sama dengan massa 1 Liter minyak tanah sebab kedua zat itu berbeda jenisnya.

Dua besaran, yaitu massa dan volume dapat dijadikan sebagai dasar untuk menentukan karakteristik suatu benda. Jika kedua besaran itu saling dibandingkan maka akan diperoleh sebuah nilai yang merupakan ciri khas dari benda tersebut. Angka ini akan berbeda untuk tiap jenis benda.

Pengertian Massa Jenis

Massa jenis adalah pengukuran massa setiap satuan volume benda. Semakin tinggi massa jenis suatu benda, maka semakin besar pula massa setiap volumenya. Massa jenis rata-rata setiap benda merupakan total massa dibagi dengan total volumenya.

Rumus Massa Jenis

Nilai perbandingan antara massa dan volume suatu benda disebut sebagai besaran massa jenis atau kerapatan dan diberi simbol ρ.


Keterangan:
  • ρ = massa jenis atau kerapatan (kg /m3)
  • m = massa benda (kg)
  • V = volume benda (m3)

Satuan Massa Jenis

Satuan untuk besaran massa jenis dalam SI adalah kg/m3. Namun, satuan g/cm3 dalam kehidupan sehari-hari masih sering digunakan sebagai satuan massa jenis yang lain. Hubungan antara kedua satuan tersebut adalah sebagai berikut.
Pengertian, Satuan dan Rumus Cara Menghitung Massa Jenis Benda serta Contoh Soalnya

Jadi, massa jenis suatu zat adalah massa zat itu tiap satuan volume.

Baca selengkapnya:

Pengertian dan Rumus Massa Jenis Relatif Benda

Contoh Penerapan Massa Jenis dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh Soal Massa Jenis

Sebuah balok dari bahan kuningan memiliki panjang 8 cm, lebar 5 cm, dan tinggi 2,5 cm. Jika diketahui massa jenis balok kuningan tersebut 8.400 kg/m3, berapa massa balok tersebut?

Pembahasan
Diketahui:
balok dari kuningan
p = 8 cm = 0,08 m
l = 5 cm = 0,05 m
t = 2,5 cm = 0,025 m
ρ = 8.400 kg/m3

Ditanya: m = ...?

Jawab: V = p x l x t
            V = 0,08 m x 0,05 m x 0,025 m
                = 0,0001 m3
m = ρ x V
    = (8.400 kg/m3) ( 0,0001 m3)
    = 0,84 kg

Jadi, massa balok kuningan adalah 0,84 kg.

Cara Menghitung Massa Jenis Zat

Massa jenis tiap zat cair berbeda, demikian juga dengan gas. Dapatkah massa jenis zat cair dihitung secara langsung?

Berikut ini beberapa cara lain untuk menghitung massa jenis zat cair secara langsung.

a. Hidrometer dimasukkan ke dalam zat cair. Kemudian, bandingkan nilainya dengan hidrometer yang dimasukkan ke dalam air. Perbandingan bagian hidrometer yang tercelup dikalikan dengan massa jenis air merupakan massa jenis zat cair itu.

b. Menggunakan piknometer.

Massa jenis yang dihitung dengan cara ini disebut massa jenis relatif. Massa jenis relatif tidak menggunakan satuan, misalnya massa jenis relatif minyak = 0,8.

Piknometer kosong ditimbang. Piknometer diisi zat cair yang akan ditentukan massa jenisnya hingga penuh. Kemudian, piknometer ditimbang untuk mengetahui massa zat cair, sedangkan volume zat cair sama dengan volume piknometer. Jadi, massa jenis zat cair dapat dihitung.
Pengertian, Satuan dan Rumus Cara Menghitung Massa Jenis Benda serta Contoh Soalnya
Tabe: Nilai Massa Jenis tiap-tiap benda

Demikian pembahasan pengertian massa jenis, rumus massa jenis, contoh soal massa jenis, cara menghitung massa jenis, rumus massa jenis benda, massa jenis zat cair, alat ukur massa jenis, satuan massa jenis, massa jenis minyak, massa jenis udara, rumus mencari massa jenis, rumus massa jenis zat cair.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Pengertian, Satuan dan Rumus Cara Menghitung Massa Jenis Benda serta Contoh Soalnya"

Post a Comment