Cara Kerja Panci Presto (Pengaruh Tekanan Terhadap Titik Didih Air)

Berikut ini adalah pembahasan tentang tekanan yang meliputi Pengaruh tekanan terhadap titik didih air, panci presto, cara kerja panci presto.

Pengaruh tekanan terhadap titik didih air

Mendidih hanya terjadi pada suhu tertentu, yaitu titik didihnya. Titik didih zat cair berbeda-beda tergantung jenis zatnya.

Misalnya, titik didih air pada tekanan normal (76 cm Hg) adalah 100oC, sedangkan titik didih alkohol pada tekanan normal adalah 78oC.

Titik didih suatu zat juga tergantung pada tekanannya. Bagaimana jika tekanan di permukaan zat cair diturunkan?

Pada tekanan udara di atas 76 cm Hg, air dapat mendidih pada suhu di atas 100oC. Sifat penambahan tekanan di atas permukaan zat cair akan menaikkan titik didih zat cair diterapkan pada panci presto (panci yang dapat diatur tekanannya) dan sterilisasi alat kedokteran.
Cara Kerja Panci Presto
Gambar: Panci Presto

Cara kerja Panci Presto

Jika kamu mempunyai panci presto, coba kamu bandingkan merebus daging dengan menggunakan panci presto dan panci biasa. Manakah yang lebih cepat masak? Mengapa demikian?
Penambahan tekanan menyebabkan titik didih air akan naik sehingga suhu dalam panci presto akan lebih tinggi dari 100oC. 
Akibatnya, daging di dalamnya akan lebih cepat masak. Jadi, dengan menggunakan panci presto akan menghemat waktu dan energi. Hal ini pertama kali dilakukan Papin sehingga percobaannya disebut percobaan periuk papin.

Sifat bahwa pengurangan tekanan di atas zat cair akan menurunkan titik didih digunakan pada pasteurisasi dan pembuatan makanan dalam kaleng.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Cara Kerja Panci Presto (Pengaruh Tekanan Terhadap Titik Didih Air)"

Post a Comment