Pengertian dan Contoh Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut ini adalah pembahasan tentang perubahan fisika dan perubahan kimia yang meliputi pengertian perubahan fisika, pengertian perubahan kimia, contoh perubahan fisika, contoh perubahan kimia, 10 contoh perubahan kimia, 15 contoh perubahan kimia, contoh perubahan fisika dalam kehidupan sehari hari, 20 contoh perubahan fisika, 10 contoh perubahan fisika, contoh perubahan kimia dalam kehidupan sehari hari.

Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia

Perubahan zat dapat bersifat sementara dan bersifat tetap. Perubahan sementara maksudnya perubahan yang hanya terjadi selama hal yang menyebabkan perubahan itu bekerja.

Perubahan tetap atau kekal adalah perubahan yang dialami suatu zat yang hasil perubahannya tetap terjadi, meskipun penyebab perubahan zat itu sudah tidak bekerja lagi.

Jika suatu zat diberikan energi maka zat itu akan mengalami perubahan yang ditentukan oleh keadaan dan sifat zat. Perubahan yang terjadi dapat berupa perubahan fisika dan perubahan kimia.
Contoh Perubahan Zat
Gambar: Contoh Perubahan Zat

Manakah zat-zat pada gambar di atas yang mengalami perubahan fisika dan zat-zat yang mengalami perubahan kimia? Kelompokkan.

Pengertian dan Contoh Perubahan Fisika

Perubahan fisika adalah perubahan yang tidak menghasilkan zat jenis baru. Contohnya, air didinginkan menjadi es. 
Itu berarti wujud fisika air berubah dari cair menjadi padat. Jika pendinginan dihentikan, es kembali menjadi air. Perubahan zat berlangsung sementara pada peristiwa ini.

Artinya, perubahan hanya terjadi selama zat mendapat pengaruh dari luar yang menyebabkan perubahan itu, sedangkan jenis zatnya tidak mengalami perubahan.

Pengertian dan Contoh Perubahan Kimia

Perubahan kimia adalah perubahan zat yang menghasilkan jenis zat baru. Contohnya, kertas dibakar menjadi abu. 
Setelah pemanasan berakhir, abu tidak dapat berubah lagi menjadi kertas. Sifat dan jenis abu sudah berubah dengan sifat dan jenis kertas.

Perubahan kimia juga banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, pembusukan makanan yang tidak baik penyimpananya, singkong menjadi tapai, dan petasan yang meledak.

Coba kamu sebutkan perubahan kimia lainnya yang kamu alami dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Sifat Fisika dan Kimia

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Pengertian dan Contoh Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari"

Post a Comment