Pengertian dan Rumus Jarak, Perpindahan, Laju dan Kecepatan beserta Contoh Soalnya

Berikut ini adalah pembahasan tentang jarak, perpindahan, laju dan kecepatan yang meliputi pengertian jarak, pengertian perpindahan, perbedaan antara jarak dan perpindahan, contoh jarak, contoh perpindahan, pengertian laju, pengertian kecepatan, perbedaan laju dan kecepatan, rumus jarak, rumus perpindahan, rumus laju, rumus kecepatan, contoh soal jarak, contoh soal perpindahan, contoh soal laju, contoh soal kecepatan.

Perbedaan Jarak dan Perpindahan

Coba kamu perhatikan gambar sebuah mobil yang sedang bergerak dari titik A ke B di bawah ini.

Dalam peristiwa ini, jarak yang ditempuh mobil sejauh 200 m, tetapi perpindahan yang dialami mobil hanya 150 m.

Samakah jarak dengan perpindahan? Manakah yang memiliki nilai dan arah?
Jarak adalah panjang lintasan yang ditempuh benda yang bergerak dalam waktu tertentu. Jarak dihitung seberapa jauh benda telah bergerak meninggalkan titik acuan sebagai posisi awal.
Perpindahan adalah seberapa jauh benda tersebut berpindah dari titik acuan tanpa memperhatikan bentuk lintasan. Perpindahan diukur dengan menarik garis lurus dari titik awal ke titik akhir.

Perbedaan Laju dan Kecepatan

Manakah yang sering kamu dengar, kecepatan atau kelajuan dalam sehari-hari? Samakah keduanya? Manakah yang merupakan besaran vektor?
Laju merupakan besarnya jarak yang ditempuh oleh suatu benda dalam tiap satuan waktu. Kecepatan adalah besarnya perpindahan per satuan waktu.
Kelajuan adalah besaran yang tidak bergantung pada arah, sehingga termasuk besaran skalar, sedangkan kecepatan adalah besaran yang bergantung pada arah, sehingga termaasuk besaran vektor.

Contoh Soal

Hasan berjalan dari titik P ke titik Q sejauh 50 m dan memerlukan waktu 25 sekon. Setelah itu, Hasan kembali berjalan ke titik R sejauh 20 m dari titik Q dan memerlukan waktu 10 sekon. Berapa jarak, perpindahan, laju, dan kecepatan Hasan dalam bergerak menempuh lintasan PQR?

Pembahasan
a. Jarak = 50 m + 20 m = 70 m
b. Perpindahan = 50 m – 20 m = 30 m


Demikian pembahasan tentang jarak, perpindahan, laju dan kecepatan dilengkapi dengan penjelasan dan contoh soal serta pembahasannya.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Pengertian dan Rumus Jarak, Perpindahan, Laju dan Kecepatan beserta Contoh Soalnya"

Post a Comment