Pengertian Gerak dan Macam-macam Jenis Gerak serta Contoh Gerak Relatif dan Gerak Semu

Berikut ini merupakan pembahasan tentang gerak yang meliputi pengertian gerak relatif, pengertian gerak semu, perbedaan gerak relatif dan gerak semu, contoh gerak relatif, contoh gerak semu, macam macam gerak, jenis jenis gerak.

Pengertian Gerak

Dalam fisika, gerak suatu benda selalu dikaitkan dengan suatu titik acuan. Sebuah benda dikatakan bergerak terhadap titik acuan jika kedudukan benda tersebut berubah terhadap titik acuan.
Tidak semua benda yang menurutmu bergerak dapat disebut melakukan gerak. 
Sebuah mobil yang melaju di jalan tol ke Jakarta disebut melakukan gerak terhadap kota Jakarta, tetapi tidak dapat disebut melakukan gerak terhadap sopir yang berada di dalamnya karena kedudukan mobil tersebut terhadap sopirnya tetap.
Kedudukan bukan hanya menyangkut jarak benda, tetapi posisi benda juga. 
Perhatikan ujung jarum sebuah jam, meskipun jarak ujung jarum jam itu dengan pusat putarannya tetap, tetapi posisi ujung jarum jam dengan pusat putarannya berubah.

Kadangkala ujung jarum jam ada di kiri, di kanan, di atas, atau di bawah. Oleh karena itu, ujung jarum jam dikatakan bergerak terhadap pusat putarannya.
Dengan demikian, suatu benda dikatakan bergerak terhadap suatu titik acuan (terhadap benda lain) jika jarak atau posisi antara keduanya berubah.
Gerak adalah suatu perubahan tempat kedudukan pada suatu benda dari titik keseimbangan awal. Sebuah benda dikatakan bergerak jika benda itu berpindah kedudukan terhadap benda lainnya baik perubahan kedudukan yang menjauhi maupun yang mendekati. 

Macam-macam Jenis Gerak

Di sini disebutkan ada dua macam jenis gerak, yaitu gerak relatif dan gerak semu;

1. Gerak relatif

Gerak itu bersifat relatif artinya suatu benda yang bergerak terhadap terhadap benda tertentu belum tentu bergerak terhadap benda lainnya.
Gerak relatif adalah gerak yang terjadi apabila suatu benda yang bergerak terhadap benda tertentu, namun belum tentu bergerak terhadap benda lainnya.
Contohnya, Ahmad sedang menggendong Rahman dan dilihat oleh Ali. Peristiwa ini mengakibatkan;
  1. Ali melihat Ahmad bergerak
  2. Rahman tidak bergerak merasa bergera (diam)
  3. Rahman merasa Ali bergerak

Coba kamu perhatikan seorang kernet bis berjalan memungut biaya dari depan ke belakang bis yang sedang bergerak meninggalkan terminal. Dalam keadaan ini, dikatakan
  1. bis mengalami satu macam gerak, yaitu gerak terhadap terminal;
  2. kernet mengalami dua macam gerak yaitu gerak terhadap penumpang dan terminal.

Suatu benda dapat bergerak terhadap suatu titik acuan tertentu, tetapi diam terhadap acuan lain. Dengan melihat titik acuan tertentu, sebuah benda yang bergerak sering melakukan beberapa gerak sekaligus. Oleh karena itu, gerak suatu benda bersifat relatif.

2. Gerak semu

Gerak semu adalah gerak yang sifatnya seolah-olah bergerak atau tidak sebenarnya (ilusi). Contoh : – Benda-benda yang ada diluar mobil kita seolah bergerak padahal kendaraanlah yang bergerak. – Bumi berputar pada porosnya terhadap matahari, namun sekonyong-konyong kita melihat matahari bergerak dari timur ke barat.
Pernahkah kamu mengamati gerak matahari? Matahari terbit dari sebelah timur dan tenggelam ke sebelah barat. Sebenarnya bukan matahari yang bergerak, tetapi bumi yang bergerak, yaitu berotasi dari barat ke timur.

Sesuatu yang sebenarnya diam (tidak bergerak), tetapi kelihatan bergerak akibat gerakan benda lain dinamakan gerak semu. Coba kamu sebutkan contoh gerak semu lainnya.
Contoh Gerak semu; gerak pohon dilihat dari dalam mobil yang melaju dan gerak semu harian matahari
Gambar: Contoh Gerak semu; gerak pohon dilihat dari dalam mobil yang melaju dan gerak semu harian matahari

Penamaan gerak benda

Nama gerak benda dapat disebut dengan melihat bentuk lintasannya. Disebut gerak lurus karena bentuk lintasannya lurus, disebut gerak melingkar karena bentuk lintasannya lingkaran atau bagian dari lingkaran, dan disebut gerak parabola jika bentuk lintasannya berupa parabola.

Ayo, coba kamu sebutkan contoh gerak dalam kehidupan sehari-hari untuk masing-masing gerak itu?

Baca juga: Penyusunan Metode Ilmiah

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Pengertian Gerak dan Macam-macam Jenis Gerak serta Contoh Gerak Relatif dan Gerak Semu"

Post a Comment