Rumus Kelajuan Rata-rata beserta Contoh Soalnya

Berikut ini adalah pembahasan tentang kelajuan rata-rata yang meliputi pengertian kelajuan rata-rata, rumus kelajuan rata-rata, contoh soal kelajuan rata-rata, rumus kecepatan rata rata, contoh soal kecepatan rata-rata.

Rumus Kelajuan Rata-rata

Pada kenyataannya amat sukar menemui benda yang bergerak lurus beraturan sebab laju benda itu dapat berubah-ubah untuk jangka waktu tertentu.

Sebuah motor dapat melaju kencang di tempat yang lengang, tetapi akan memperlambat lajunya karena jalannya rusak, bahkan kemudian berhenti karena ada lampu pengatur lalu lintas. Dalam hal ini, laju rata-ratanya dapat dihitung.

Dimisalkan dalam jangka waktu t1 sebuah motor mempunyai laju v1 sehingga menempuh jarak s1 = v1 × t1. Jangka waktu t2 berikutnya, motor tersebut mempunyai laju v2, jarak tempuhnya s2 = v2 × t2. Jangka waktu t3 berikutnya, motor mempunyai laju v3, jarak yang ditempuh s3 = v3 × t3, demikian seterusnya.

Laju rata-ratanya dapat dihitung dengan rumus sebagai berikut.


Contoh Soal Kelajuan Rata-rata

Sebuah benda bergerak dari B ke C yang berjarak 50 m, lajunya 10 m/s. Kemudian, benda itu meneruskan gerak dari C ke D dengan laju tetap 12 m/s selama 5 sekon, dari D ke E sejauh 40 m dengan laju 4 m/s. Hitung laju rata-rata dan gambarkan grafik lajunya.

Pembahasan

Diketahui:

  • gerak B ke C: v1 = 10 m/s; s1 = 50 m
  • gerak C ke D: v2 = 12 m/s; t2 = 5 detik
  • gerak D ke E: v3 = 4 m/s; s3 = 40 m

Ditanya: v, grafik lajunya = ...?

Jawab:


Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Rumus Kelajuan Rata-rata beserta Contoh Soalnya"

Post a Comment