Prinsip-prinsip Keselamatan Kerja di Laboratorium IPA (Fisika, Kimia dan Biologi)

Berikut ini adalah pembahasan singkat tentang pengertian keselamatan kerja dilaboratorium dan beberapa prinsip keselamatan kerja di laboratorium fisika, kimia dan biologi.

Pengertian Keselamatan Kerja di Laboratorium

Apakah yang dimaksud dengan keselamatan kerja secara umum dan keselamatan kerja secara khusus di laboratorium?

Keselamatan kerja adalah keselamatan yang bertalian dengan mesin, pesawat, alat kerja, bahan dan proses pengolahannya, landasan tempat kerja dan lingkungannya serta cara-cara melakukan pekerjaannya.
Keselamatan Kerja Adalah Segala upaya untuk mengurangi Kemungkinan Terjadinya kecelakaan saat melakukan pekerjaan.
Sedangkah, Keselamatan kerja di laboraturium adalah keselamatan diri dari berbagai macam kecelakaan scara sengaja atau tidak sengaja yang dapat membahayakan diri dari berbagai macam bahan kimia, alat-alat tajam, dan lain sebagainya, menjaga keselamatan kerja di baloraturium bertujuan agar selama penelitian tidak terjadi kecelakaan.
Baca selengkapnya: Perlengkapan dan Alat Pelindung Diri dan Keselamatan Kerja di Laboratorium

Keselamatan Kerja di Laboratorium

Salah satu tahap dalam metode ilmiah adalah merancang dan melakukan kegiatan pengumpulan data. Data ini dapat kita peroleh melalui kegiatan pengamatan naturalistik atau dengan eksperimen.

Selama melakukan kegiatan pengamatan atau eksperimen (percobaan) di laboratorium, kita akan menggunakan banyak peralatan dan bahan-bahan, terutama peralatan dari kaca dan bahan-bahan kimia.

Kegiatan yang membahayakan sering terjadi di laboratorium tetapi hal ini tidak harus ditakuti untuk tetap melakukan kegiatan laboratorium.

Kecelakaaan yang terjadi di laboratorium terutama disebabkan faktor manusia. Oleh sebab itu, keselamatan kerja sangat penting untuk diperhatikan bagi setiap pemakai laboratorium.

Keselamatan kerja dalam laboratorium mencakup keselamatan kerja saat menggunakan alat, menggunakan bahan-bahan kimia, maupun keselamatan individu saat melakukan kegiatan.

Terjadinya kecelakaan di laboratorium dapat dikurangi sampai tingkat paling minimal jika setiap orang yang menggunakan laboratorium mengetahui prinsip-prinsip keselamatan kerja dan tanggung jawabnya.

Beberapa prinsip keselamatan kerja itu di antaranya:

  1. mengikuti petunjuk atau aturan-aturan yang dalam pemakaian laboratorium;
  2. perlunya pengetahuan dan pemahaman tentang bahan-bahan kimia dan proses-proses serta perlengkapan atau peralatan yang digunakan dalam melakukan kegiatan laboratorium;
  3. memahami prosedur kerja sebelum praktikum;
  4. selalu menggunakan perlengkapan pelindung tubuh untuk keamanan saat kerja di laboratorium;
  5. menggunakan semua peralatan saat kerja di laboratorium secara hati-hati;
  6. memperhatikan sifat dan penggunaan bahan-bahan kimia secara tepat.

Beberapa keterampilan yang harus dimiliki oleh semua pemakai laboratorium adalah mengenal bahan, penyediaan atau penyiapan bahan, membuat preparat segar dan memanaskan.

Baca juga: Cara Menggunakan Mikroskop

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

1 Response to "Prinsip-prinsip Keselamatan Kerja di Laboratorium IPA (Fisika, Kimia dan Biologi)"

  1. kesimpulan dari hakikat,metode,keselamatan kerja ilmu fisika?

    ReplyDelete