Pengertian GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan), Macam-macam dan Contohnya

Berikut ini adalah pembahasan tentang GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan) yang meliputi grafik glbb, pengertian gerak lurus berubah beraturan, contoh glbb, contoh gerak lurus berubah beraturan, pengertian glbb, contoh glbb dipercepat, contoh glbb diperlambat, gerak vertikal, pengertian gerak vertikal, contoh gerak vertikal, gerak jatuh bebas.

Pengertian GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan)

Apakah yang dimaksud dengan gerak lurus berubah beraturan?

Sebuah benda yang bergerak dengan lintasan lurus dan mengalami percepatan atau perlambatan disebut gerak lurus berubah beraturan (GLBB).
Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerak benda dalam lintasan garis lurus dengan percepatan tetap. Jadi, ciri utama GLBB adalah bahwa dari waktu ke waktu kecepatan benda berubah, semakin lama semakin cepat atau semakin lambat, sehingga gerakan benda dari waktu ke waktu mengalami percepatan atau perlambatan.

Macam-macam GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan)

Alat untuk mengukur gerakl lurus berubah beraturan dapat menggunakan Ticker Timer. Perhatikan Gambar Berikut ini!
Pengertian GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan), Macam-macam dan Contohnya
Gambar: Jejak Ticker Timer untuk Gerak yang Dipercepat

Jika diperhatikan, jarak antarketukan pada pita ticker timer makin lama makin dekat atau merapat. Ini menunjukkan bahwa gerak beban makin lama makin cepat dan laju beban bertambah secara teratur.

Untuk benda yang bergerak diperlambat, jejak ticker timer pada kertas dapat ditunjukkan sebagai berikut.
Pengertian GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan), Macam-macam dan Contohnya
Gambar: Jejak Ticker Timer untuk Gerak yang Diperlambat

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa; Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) dapat dibagi menjadi dua macam yaitu gerak lurus berubah beraturan (GLBB) dipercepat (positif) dan GLBB diperlambat (negatif).

Contoh GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan)

Berikut ini adalah beberapa contoh Gerak Lurus Berubah Beraturan:

1. Gerak Jatuh Bebas

Benda jatuh dari ketinggian tertentu di atas permukaan tanah. Semakin lama benda bergerak semakin cepat. Sehingga Gerak jatuh bebas merupakan contoh GLBB yang dipercepat.

Ciri khasnya adalah benda jatuh tanpa kecepatan awal (vo = nol). Semakin ke bawah gerak benda semakin cepat. Percepatan yang dialami oleh setiap benda jatuh bebas selalu sama, yakni sama dengan percepatan gravitasi bumi (a = g) (besar g = 9,8 m/s2 dan sering dibulatkan menjadi 10 m/s2)

2. Gerak Vertikal ke Atas

Selama bola bergerak vertikal ke atas, gerakan bola melawan gaya gravitasi yang menariknya ke bumi. Akhirnya bola bergerak diperlambat. Sehingga Gerak Vertikal ke Atas merupakan Contoh GLBB yang diperlambat.

Akhirnya setelah mencapai ketinggian tertentu yang disebut tinggi maksimum (h max), bola tak dapat naik lagi. Pada saat ini kecepatan bola nol (Vt = 0).

Oleh karena tarikan gaya gravitasi bumi tak pernah berhenti bekerja pada bola, menyebabkan bola bergerak turun. Pada saat ini bola mengalami jatuh bebas. Dan ini merupakan contoh GLBB dipercepat.

Jadi bola mengalami dua fase gerakan. Saat bergerak ke atas bola bergerak GLBB diperlambat (a = - g) dengan kecepatan awal tertentu lalu setelah mencapai tinggi maksimum bola jatuh bebas yang merupakan GLBB dipercepat dengan kecepatan awal nol.

3. Gerak Vertikal ke Bawah

Berbeda dengan jatuh bebas, gerak vertikal ke bawah yang dimaksudkan adalah gerak benda-benda yang dilemparkan vertikal ke bawah dengan kecepatan awal tertentu, sedangkan benda jatuh bebas memiliki kecepatan awal nol  (v = 0).

Jadi seperti gerak vertikal ke atas hanya saja arahnya ke bawah. Sehingga persamaan-persamaannya sama dengan persamaan-persamaan pada gerak vertikal ke atas, kecuali tanda negatif pada persamaan-persamaan gerak vertikal ke atas diganti dengan tanda positif.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Pengertian GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan), Macam-macam dan Contohnya"

Post a Comment